Puluhan Anggota Rapala Bakamla RI Banyuwangi Dilatih Kemampuan SAR

KBRN, Banyuwangi : 60 Relawan Penjaga Laut Nusantara (Rapala) Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) Kabupaten Banyuwangi, ikuti pelatihan lanjutan peningkatan kompetensi, yang diselenggarakan di Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP), yang berada didesa Bangsring Banyuwangi, Selasa (30/11/2021). Mereka akan digembleng dengan kemampuan search and rescue (SAR) dan pengetahuan lainnya, selama sepuluh hari ke depan.

Ketua Rapala Bakamla RI Banyuwangi, Aan Mutowib mengatakan, puluhan rapala yang hadir mayoritas adalah nelayan yang memiliki kecintaan dan kepedulian terhadap laut Nusantara, yang siap mengabdi dalam memberikan keamanan sekaligus menjaga laut yang ada diseluruh wilayah Banyuwangi.

"Mayortas adalah nelayan Banyuwangi yang memiliki kecintaan dan kepedulian terhadap laut Nusantara, dan siap menjaga laut,” kata Aan Mutowib, Selasa (30/11/2021).

Aan menambahkan selama mengikuti pelatihan, selain materi tentang SAR, mereka juga akan memperoleh beberapa pengetahuan lain, seperti bela negara, oseanografi, dan pertahanan maritim, dengan materi tersebut, para nelayan diharapkan semakin sadar terhadap keselamatan saat beraktivitas di laut.   “Para instruktur akan memberikan materi SAR kepada peserta, baik di permukaan maupun bawah laut, serta pengetahuan lainnya sehingga, dengan pengatahuan yang didapat para relawan memilik kesadaran dan meminimalisir angka kecelakaan laut,” jelas Aan.

Sementara itu Asisten Pemerintahan Banyuwangi, Arief Setiawan sangat mendukung program dari Rapala, dimana kehadiran para pelawan ini, sanagt dibutuhkan karena Banyuwangi memiliki garis pantai yang mencapai lebih 170 kilometer.

"Banyuwangi memiliki garis pantai mencapai 170 km, dan keberadaan Rapala ini sangat dibutuhkan dalam menjaga laut, utamanya para nelayan, sehingga Pemkab Banyawuangi mengandeng PT Bumi Suksesindo (BSI), untuk menyelenggarakan kegiatan pelatihan ini," jelas Arief, Selasa (30/11/2021).

Senior Manager External Affairs PT Bumi Suksesindo (BSI), Yunizar Imamsyah, berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas kompetensi relawan laut di Banyuwangi, dan pelatihan peningkatan kapasitas, sangat dibutuhkan oleh mereka untuk melaksanakan tugas-tugasnya di masa yang akan datang.

“Pelatihan Rapala ini momen bagi para relawan untuk berkembang, yang sejalann dengan visi PT BSI, salah satunya dalam komitmen pelestarian lingkungan,” kata Yunizar. (sum/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar