Diduga Korsleting Listrik, Toko Busana di Bondowoso Nyaris Ludes Terbakar

Toko Busana di Bondowoso Terbakar

KBRN, Bondowoso: Toko busana Putra Megah di Kabupaten Bondowoso nyaris ludes dilahap si Jago Merah. Kebakaran yang terjadi pada Sabtu (23/10/2021) pukul 01.30 dini hari tersebut diduga disebabkan oleh arus pendek listrik.

Kepala Satpol PP Bondowoso, Slamet Yantoko menerangkan, warga sempat mendengar suara percikan listrik sejak pukul 21.00 WIB. Namun warga baru mengetahui adanya kebakaran saat dinihari dan segera melapor.

" Yang terbakar itu kurang lebih sekitar  80 persen. Yang 20 persen itu di depan," paparnya saat dikonfirmasi di lokasi kejadian.

Belum dijelaskan secara pasti kronologis kejadian. Namun Slamet mengatakan bahwa jilatan api berasal dari arah belakang toko lantai bawah. Api membesar dan naik ke lantai atas dan membakar baju-baju di dalam toko.

" Kalau kronologis kita tunggu dari tim identifikasi Polres, pastinya seperti apa. Kita hanya melihat di dalam, kemungkinan disebabkan oleh korsleting listrik, " terangnya.

Mengetahui itu, warga sekitar dengan sigap langsung memadamkan air saat pertama melihat api, sehingga tidak sampai menjalar ke bangunan yang lain.

" Tidak ada korban jiwa. Dan juga kondisi rumah sekitar bisa diisolasi," katanya.

Sebanyak 5 unit mobil pemadam kebakaran yang terdiri dari 3 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) Bondowoso, satu unit Damkar dari Jember dan satu unit mobil water canon Polres Bondowoso. 

Meski lokasi kebakaran padat penduduk, namun tidak ada KK yang diungsikan karena api berhasil dijinakkan sekitar 3 jam kemudian.

" Ini api sudah padam. Tadi sekitar 2,5-3 jam. Sekarang kita sedang pendinginan di tiga titik yang bawah, di atas ada dua titik," lanjutnya.

Belum diketahui pasti jumlah kerugian. Namun beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Akibat kejadian itu, sepanjang Jalan RE Marthadinata lumpuh total karena ditutup oleh petugas untuk proses pemadaman. 

Kepada para pemilik toko, Slamet mengimbau agar mengecek kembali saklar atau saluran listrik setelah tidak ada aktivitas usaha. (san)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00