Bersalah Langgar Prokes, Panitia Acara Pesta Pernikahaan Kerabat Bupati Jember Dijatuhi Sanksi

KBRN,Jember: Satgas Covid Kabupaten Jember, Jumat (22/10/2021), mengelar sidang atas dugaan pelanggaran protokol kesehatan Covid 19 dalam kegiataan pesta Pernikahan kerabat Bupati Jember.

Dalam sidang virtual tersebut dihadirkan Hakim Ketua Totok Yanuarto, Panitera Dion Pramesti Warsono, Saksi saksi diantaranya Kanit Pidum Polres Bagus Dwi Setyawan, Karyawan Hal New Sariutama Ratno Hadi dan Seniman Agus yendra Imaniar serta Penyidik PPNS Yuvi R (Satpol PP) dihadiri pula ZF selaku terdakwa.

"Benar, setelah kita melakukan pengumpulan data dan keterangan hari ini kita lakukan sidang dengan menghadirkan pihak panitia penyelenggara dan beberapa pihak terkait lainnya," ujar Kepala Bidang Penengakan Produk Hukum Daerah Satpol PP Pemkab Jember, Erwin Prasetyo dikonfirmasi RRI,Jumat (22/10/2021).

Sementara Panitera, Dion Pramesti Warsono menerangkan dari sidang yang digelar, Hakim Pengadilan Negeri yang memimpin jalannya sidang akhirnya  Menyatakan terdakwa ZF terbukti secara sah dan bersalah tidak mentaati peraturan pemerintah dan menjalankan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM dan juga melanggar protokol Kesehatan.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan denda sebesar Rp. 10 juta atau pidana kerja sosial 15 hari. Mengganti biaya perkara sebesar 5 ribu rupiah," tegasnya.

ZF dinyatakan melanggar Inmendagri No. 47 th. 2021, Perda Prop Jatim no 2 th 2020 psl 20, pasal 27A, pasal 27B, pasal 27C pasal 49 ayat (6) tentang perubahan atas Perda Prov Jatim nomor 1 th 2019 tentang Penyelenggaraan Ketentraman Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat.

"Sidang virtual yang telah dilakukan ini bertujuan untuk mendisiplinkan aturan yang telah ditentukan, dan tidak melihat dari kalangan mana saja, apabila melanggar akan dikenakan denda dan dilakukan sidang virtual" pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Video Bupati Jember Hendy Siswanto bersama istrinya, Kasih Fajarini, bernyanyi dan berjoget dalam sebuah acara pernikahan viral. Bupati Hendy pun akhirnya minta maaf.

Bupati Jember Hendy Siswanto menyampaikan permintaan maafnya atas kelalaian yang telah dilakukan, Rabu 20 Oktober 2021, melalui pesan suara WhatsApp.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00