PT KAI Izinkan Anak di Bawah 12 Tahun Naik Kereta Api

KBRN, Banyuwangi : PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai mengizinkan, anak-anak usia dibawah 12 tahun, untuk kembali naik kereta api setelah sebelumnya dilarang. Aturan tersebut mulai berlaku pada hari ini Jum'at (22/10/2021) sesuai dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 89 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian Pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 20 Oktober 2021.

Vice Presiden Daop 9 Jember, Broer Rizal, Jumat (22/10/2021) mengatakan, persyarakat anak dibawah 12 naik kereta api, salah satunya, harus melampirkan keterangan bebas covid-19, melalui metode rapid antigen ataupun PCR swab, dan tetap mematuhi protokol kesehatan, utamanya mengunakan masker.     

“Meski kembali diperbolehkan, anak dibawah 12 tahun tetap harus memenuhi persyaratan seperti hasil negatif pemeriksaan Covid-19 bagi pelanggan KA Jarak Jauh, memakai masker dengan sempurna, dalam kondisi sehat, dan selalu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin,” kata  VP Daop 9 Jember Broer Rizal melansir pernyataan VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Selian itu anak usia dibawah 12 tahun yang akan naik kereta api tersebut juga wajib didampingi oleh orang tua/keluarga yang dibuktikan dengan Kartu Keluarga, dan bagi pendamping juga harus menunjukkan kartu vaksin Covid-19 minimal dosis pertama.

"Bagi penumpang usia di bawah 12 tahun tidak diwajibkan menunjukkan kartu vaksin, yang wajib menunjukkan adalah orang tuanya / keluarganya," jelas Broer Rizal.

PT KAI akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk kedalam peron stasiun kereta, dan memastikan para pelanggan dalam kondisi sehat, dan seluruh penumpang harus mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, menghindari makan bersama, dan menggunakan hand sanitizer.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00