FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Bupati Ajak Masyarakat Berpartisipasi Wujudkan Herd Immunity

Bupati Situbondo Karna Suswandi mendampingi Wakil Presiden Republik Indonesia Prof Dr Ma

KBRN, Situbondo : Kekebalan kelompok atau herd immunity harus terbentuk, untuk menyelamatkan manusia dari kesakitan dan kematian akibat COVID-19. 

Guna mewujudkan itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi meningkatkan capaian vaksinasi, yang saat ini sudah mencapai 52 persen.

"Kalau semua lapisan masyarakat bisa bergerak secara masif, maka herd immunity dalam waktu dekat dapat terwujud,” ujar Bung Karna, sapaan bupati, Jumat (20/10/2021).

Bung Karna mengaku, kekebalan kelompok akan terbentuk saat capaian vaksinasi mencapai 70 persen. Oleh karenanya, ia mengajak masyarakat untuk bahu membahu menyukseskan vaksinasi.

"Herd immunity ini akan terbentuk, apabila 70 persen dari jumlah penduduk sudah divaksin," tegasnya.

Bung Karna mengaku, capaian vaksinasi di Situbondo mengalami kenaikan yang signifikan. Animo masyarakat cukup tinggi, sehingga dalam sebulan capaian vaksinasi naik 318 persen.

"Bulan lalu kita masih berada pada angka 16,5 persen dengan capaian 89.598 vaksin dosis pertama. Kemudian pada 20 Oktober 2021, kita sudah ada pada angka 285.559 atau 52,1 persen," bebernya. 

Kenaikan capaian vaksinasi tersebut mendapat pujian dari Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin, saat melakukan kunjungan kerja ke Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, pada Kamis, 21 Oktober 2021. 

"Wapres mengapresiasi capaian vaksinasi kita. Beliau bilang ini capaian yang luar biasa, karena dalam waktu yang tidak terlalu lama langsung naik signifikan," kata Bung Karna.

Bung Karna bilang, capaian tersebut adalah berkat dukungan dari berbagai elemen, di antaranya Jihad Melawan COVID-19 (JMC), Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), Fatayat, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), jajaran TNI/Polri, dan Dinas Kesehatan.

"Semua bergerak dan hasilnya luar biasa. Semoga kekompakan ini terus terjaga, sehingga herd immunity bisa segera terbentuk," bebernya.

Bung Karna berharap kepada masyarakat, apa yang dicapai saat ini, jangan sampai membuat lengah, tetapi justru menjadi motivasi untuk terus meningkatkan capaian vaksinasi hingga terwujud herd immunity di Kabupaten Situbondo.

"Jadikan ini pendorong semangat kita untuk bisa secepatnya mewujudkan herd immunity," ujarnya.

Terkait stok vaksin, Bung Karna mengaku memang belum lancar. Karena masyarakat Situbondo cenderung menggunakan vaksin sinovac dibandingkan astra zeneca. Sehingga stok vaksin sinovac persediaannya menipis.

"Kekurangan vaksin ini erat kaitannya dengan jenis vaksin yang didistribusikan pemerintah pusat, yatiu astra zeneca. Sementara masyarakat Situbondo cenderung menggunakan vaksin sinovac," tutupnya. (din/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00