Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Siap Menyambut Kunker Wapres

Rakor PAM VVIP dalam rangka Kunjungan Kerja Wakil Presiden RI Ma

KBRN, Situbondo : Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mempersiapkan kedatangan Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin yang dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja pada Kamis, 21 Oktober 2021. 

Kiai Ma'ruf Amin dijadwalkan hadir untuk memantau kegiatan vaksinasi massal yang akan diikuti oleh ribuan santri Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo di Kecamatan Banyuputih itu.

"Kami sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk kegiatan besok pagi, yaitu vaksinasi santri yang akan dihadiri wapres," ujar Ketua Panitia Kegiatan Vaksinasi Massal, Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Ustadz Khoirul Anwar kepada RRI, Rabu (20/10/2021) malam. Khoirul Anwar mengaku, pihaknya sudah mempersiapkan calon peserta vaksinasi sebanyak 1.000 santri, baik putra maupun putri, yang akan divaksin pada hari itu juga. Sedangkan 12 ribu santri lainnya, akan divaksin secara estafet, sesuai jadwal dari pemkab setempat. 

"Kita sudah siapkan awal Oktober kemarin. Dari sekitar 17 ribu santri putra putri, terjaring 13 ribu santri yang siap divaksin. Yang lainnya belum siap, karena alasan kesehatan dan penyakit bawaan," ujarnya.

Sedangkan untuk pencanangan vaksinasi yang akan ditinjau langsung oleh Wakil Presiden, akan dihadirkan 100 santri, karena harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. 

"Kita harus prokes maka hanya 100 santri yang dihadirkan. Putra 50 orang, putri 50 orang. Setelah wapres meninggalkan lokasi, kita lanjutkan untuk 900 santri untuk divaksin," ungkapnya.

Vaksinasi lanjutan bagi 12 ribu santri lainnya, akan dilaksanakan pada 25 Oktober 2021, dan hari lainnya mengikuti jadwal pemerintah daerah yang disesuaikan dengan ketersediaan tenaga vaksinator.

"Selebihnya, vaksinasi akan kita laksanakan sesuai dengan jadwal yang diberikan pemkab. Yang pasti, kita lakukan secara estafet," tegasnya.

Khoirul Anwar menjelaskan, setelah meninjau kegiatan vaksinasi, Ma'ruf Amin akan melakukan ziarah ke makam Pahlawan Nasional, KHR As'ad. Setelah itu akan menghadiri wisuda, yang akan diakhiri dengan acara ramah tamah di kediaman pengasuh. 

"Ada informasi tambahan, Kiai Ma'ruf Amin juga akan ziarah ke makam istri Wakil Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Kiai Afifuddin Muhajir, yang sekaligus Wakil Rois PBNU," imbuhnya.

Katanya, mulai besok pukul 07.00 WIB, lokasi kegiatan di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, sudah disterilkan. Para santri termasuk masyarakat sekitar dilarang lalu lalang di lokasi vaksinasi.

"Kalau santri, sejak tadi siang sudah tidak lalu lalang di sekitar masjid, yang menjadi lokasi vaksinasi," ucap Khoriul Anwar.

Khoirul Anwar mengaku, sejak empat hari yang lalu, pihaknya sudah mulai menyiapkan segala sesuatunya, yang menyangkut keamanan dan kenyamanan saat kunjungan kerja orang nomor dua di negeri ini. 

"Kami sudah menyiapkan semuanya, sesuai dengan saran dari pihak keamanan, baik dari Pemkab Situbondo, Pemprov Jatim, Protokol Kepresidenan, Kodam V/Brawijaya maupun Korem," bebernya. 

Bahkan, pihak panitia pesantren   sudah menggelar rapat virtual bersama dengan Protokol Setmilpres pada Jumat, 15 Oktober 2021. Dan pada Senin, 18 Oktober kemarin, tim protokol tersebut langsung meninjau lokasi.

"Selasa kemarin, kita juga sudah menggelar rapat koordinasi bersama Paspampres, TNI/Polri, Pemkab Situbondo, dan Pemkab Banyuwangi," tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00