DPPPA : Penghargaan APE Adalah Prestasi Pemkab di 2021

Bupati Situbondo, Karna Suswandi didampingi Wakil Bupati Khoirani, saat memberikan paparan dalam rangka penilaian APE pada Maret 2021. (Foto istimewa)

KBRN, Situbondo : Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Situbondo, Imam Hidayat menyatakan, penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) yang baru saja diraih dengan kategori Madya, merupakan prestasi yang penilaiannya dilakukan pada Maret 2021.

"Verifikasi lapangan pelaksanaan APE dilakukan pada Maret 2021. Bupati Karna Suswandi yang menyampaikan paparan secara daring bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak," ujar Imam Hidayat kepada RRI, Selasa (28/9/2021).

Kata Imam, penghargaan APE diberikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak kepada pemerintah daerah, sebagai bentuk apresiasi atas peran pemkab dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender, dengan strategi pengarusutamaan gender atau PUG

"Kebijakan dan program pemerintah daerah sangat responsif gender. Kesetaraan dan keadilan gender dalam aspek kehidupan, diakomodir oleh kebijakan di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," bebernya.

Imam menyebut, kebijakan dan program responsif gender yang menjadi salah satu penilaian dalam memperoleh penghargaan APE, disesuaikan dengan visi Bupati Situbondo Karna Suswandi dan Wakil Bupati Khoirani, yakni mewujudkan masyarakat Situbondo yang berakhlak, sejahtera, adil, dan berdaya. 

"Sesuai visi Pak Bupati, yaitu mewujudkan Situbondo Berjaya, berakhlak, sejahtera, adil dan berdaya," ucapnya. 

Di Informasikan RRI sebelumnya, ada tujuh indikator penilaian sehingga Situbondo bisa memperoleh kategori madya. Di antaranya, komitmen berupa peraturan terkait pengarusutamaan gender, kebijakan berupa rencana strategis dan RPJMD, kelembagaan pengarusutamaan gender, anggaran daerah yang responsif gender, alat analisis gender, data gender dan partisipasi masyarakat baik berbentuk perorangan maupun kelompok masyarakat. (din/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00