Pamit Ziarah, Pemuda di Bondowoso Malah Bongkar Makam Pasien Covid

Warga Wringin Dihebohkan Penggalian Makam Pasien Covid-19

KBRN, Bondowoso : Aksi mengejutkan dilakukan oleh SA (30), warga Dusun Krajan, RT 01 RW 01, Desa Gubrih, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso. Ia berusaha membongkar makam almarhum Jemiran yang meninggal dunia karena Covid-19 sekitar 5 bulan yang lalu. Sontak, kejadian tersebut membuat warga sekitar heboh.

Aksi tersebut dilakukan di Tempat Pemakamam Umum (TPU) desa setempat, sekitar pukul 13.30 WIB, Sabtu (25/09/2021) siang. 

SA sempat pamit ke ibunya untuk ziarah ke kuburan. Namun ia meminta adik iparnya, Jumari (21) untuk mengambil cangkul dan mengantarnya ke makam.

Pelaku lalu menggali makam tetangganya tersebut. Melihat itu, Jumari berteriak dan segera memberitahu warga sehingga warga datang ke lokasi dan membawa pelaku ke rumahnya.

Kejadian tersebut dibenarkan oleh Kapolsek Wringin, AKP Sapto. 

Belum diketahui pasti apa motif penggalian makam pasien Covid.  Namun kepada RRI Sapto mengatakan bahwa pelaku masih tetangga dengan almarhum Jemiran. Dari keterangan warga setempat, pelaku sering bersikap aneh akhir-akhir ini.

" Pelaku sering bersikap aneh. Ada orang kumpul-kumpul difoto lalu diviralkan. Bagaimana anehnya masih kita pelajari," terangnya saat dikonfirmasi melalui sambungan teleponnya.

Mendapat laporan tersebut, anggota langsung cek ke TKP dan mengamankan pelaku untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan dari masyarakat. Dari tangan pelaku, polisi mengamankan cangkul dan sabit yang digunakan untuk mencoba membongkar makam.

" Maupun saksi-saksi sudah dimintai keterangan," tambahnya.

Beruntung, upaya penggalian kuburan hanya sedalam 30 cm dan tak sampai menyentuh peti jenazah karena segera diketahui oleh warga.

Saat ini pelaku hanya diamankan di rumahnya untuk dimintai keterangan. Adapun tanah kuburan yang digali sudah dikembalikan ke sedia kala.

" Pemeriksaan tetap berlanjut dan dikembangkan," pungkasnya. (san)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00