FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Dukung Pemulihan Pariwiasata, Satgas Covid-19 Banyuwangi, Sasar Vaksinasi Bagi Wisatawan

KBRN, Banyuwangi : Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Banyuwangi, terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi secara massal, termasuk melakukan vaksinasi kepada wisatawan yang berkunjung kebebrapa destinasi wisata di Banyuwangi. Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan kekebalan bersama (herd immunity), seklaigus ihtiar dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Wakil Ketua Satgas COVID-19 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto mengatakan untuk menciptakan kekebalan bersama (herd immunity), maka 70 persen dari total penduduk harus mendapatkan vaksinasi, sehingga pihaknya berkerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bersama dengan Dinas Kesehatan Banyuwangi melakukan vaksinasi kepada wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi.

"Tentu kolaborasi ini dilakukan untuk upaya penanganan Covid-19 di Banyuwangi, dimana dua Dinas bersama dengan Satgas Covid-19 Banyuwangi melakukan vaksinasi di tempat wisata," ujar Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, yang juga Dandim 0825 Banyuwangi, Jumat (24/9/2021).

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, M.Y Bramuda mengatakan, dalam pelaksanaan vaksinasi ditempat wisata ini, leading sektornya tetap diserahkan kepada Puskesmas di lokasi sekitar wisata, yang menggandeng  kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di masing-masing destinasi wisata.

"Saat ini Pemkab bersama teman-teman pengelola wisata berkomitmen agar Banyuwangi segera mencapai herd immunity, maka, vaksinasi di destinasi wisata juga masif dilakukan. Karena sejatinya tempat wisata adalah tempat yang cocok bagi masyarakat yang belum divaksin," ungkap Bramuda, Jum'at (24/9/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono mengatakan vaksinasi di tempat wisata ini sudah dilakukan sejak beberapa pekan lalu, sekaligus salah satu cara percepatan vaksinasi yang dilakukan Pemkab Banyuwangi, seperti pelaksanaan vaksinasi di Pantai Asmara, dimana seluruh peserta diberikan tempat antrean yang berjarak dan tertib bermasker, selain itu lokasi yang berada diluar ruangan, baik wisatawan maupun vaksinator bisa memiliki kenyamanan tersendiri.

"Itu bagus banget pelaksanaannya. Sasaran vaksinasi maupun tenaga vaksinator-nya bisa nyaman karena lokasinya di tempat terbuka dan sejuk," jelas dr Widji, Jum'at (24/9/2021). (sum/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00