Puluhan Nelayan Ikut Pelatihan Cara Menangkap Ikan

Puluhan nelayan pesisir Besuki, mengikuti pelatihan teknologi penangkapan ikan, di Rumah Makan Bali Dua, Desa Buduan Kecamatan Suboh. Rabu (22/9/2021) (Foto Diana Arista)

KBRN, Situbondo : Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menggelar pelatihan teknologi penangkapan ikan, yang diikuti oleh puluhan nelayan pesisir pantai di wilayah Besuki, pada Rabu (22/9/2021).

Menurut Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo, Sopan Efendi, sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Situbondo merupakan mesin penggerak perekonomian daerah. Namun belum terkelola secara optimal. 

"Melalui program pelatihan  teknologi penangkapan ikan ini, kita berikan pemahaman kepada nelayan cara menangkap ikan tanpa merusak ekosistem laut," ujar Sopan dalam sambutannya. 

Mantan Camat Sumbermalang itu berharap, melalui pelatihan ini pemberdayaan nelayan dalam pengelolaan sumber daya perikanan secara lestari bisa terwujud. Sehingga dapat menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan nelayan. 

"Menangkap ikan dengan tidak merusak ekosistem laut, akan membawa dampak luar biasa terhadap peningkatan kesejahteraan nelayan. Sebab populasi ikan akan terus bertambah," bebernya.

Sementara itu, Hartono, nelayan pesisir di Desa Demung Kecamatan Besuki mengaku mendapatkan ilmu baru yang bisa diterapkan saat melaut. Yaitu cara menangkap ikan yang ramah lingkungan.

"Saya bisa tahu cara menangkap ikan yang ramah lingkungan. Sebelumnya saya tidak tahu, sekarang sudah tahu," ujarnya kepada RRI. 

Selain cara menangkap ikan, Hartono juga mengaku sangat terbantu dengan mesin diesel yang bisa digunakan untuk menangkap ikan dengan jumlah yang lebih banyak, karena berkekuatan 24 PK.

"Kami juga dapat bantuan mesin dalam pelatihan ini. Dengan mesin ini, saya bisa mencari ikan lebih jauh, dengan jumlah yang lebih banyak," ucapnya.

Pantauan RRI, pelatihan teknologi penangkapan ikan diikuti oleh 20 orang nelayan di Desa Demung Kecamatan Besuki, yang berlangsung di Rumah Makan Bali Dua di Desa Buduan Kecamatan Suboh.

Pelatihan berlangsung dua hari dimulai hari ini. Hari pertama para nelayan mendapat wawasan cara menangkap ikan yang ramah lingkungan. Hari kedua, para nelayan ini akan dilatih praktek tentang pemeliharaan dan perbaikan terhadap mesin-mesin perahu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00