Paripurna Persetujuan KUA-PPAS Berlangsung Harmonis

Wakil Bupati Situbondo, Ny.Hj.Khoirani disaksikan empat pimpinan DPRD saat menandatangani Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) P-APBD 2021. (Senin (20/9/2021) (Foto Diana Arista)

KBRN, Situbondo : Rapat Paripurna Persetujuan Nota Kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan ABPD Tahun Anggaran 2021 berjalan harmonis. 

Seluruh fraksi menyetujui rancangan KUA PPAS, meskipun ada beberapa catatan, salah satunya agar eksekutif melakukan kaji ulang terkait program kegiatan berupa proyek tahun jamak, yang rencananya akan masuk dalam pembahasan P-APBD 2021.

"Hal ini akan bertentangan dengan Perpres no. 12 tahun 2021 pasal 27 ayat 12 yang berbunyi. Jadi setidaknya dikaji ulang," ujar Juru Bicara empat fraksi, yakni PPP, PDIP, Demokrasi dan GIS, Ningsih, saat membacakan tanggapan fraksi, dalam Rapat Paripurna, Senin (20/9/2021).

Selain itu, pemkab diminta untuk segera merealisasikan terbentuknya Mall Pelayanan Publik untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Serta adanya peningkatan dukungan kepada Inspektorat yang tupoksinya melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap ASN. 

"Lowongan jabatan di beberapa OPD banyak yang kosong, agar sesegera mungkin untuk diisi sesuai dengan mekanisme yang ada," imbuhnya.

Hal yang sama diakui Ketua DPRD Kabupaten Situbondo, Edy Wahyudi. Bahwasanya seluruh fraksi menyetujui rancangan KUA PPAS. Sebagai tindak lanjut, akan dilakukan pembahasan di tingkat komisi dengan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Masing-masing dilanjutkan dengan Badan Anggaran (Banggar)  dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) terkait dengan draf P-APBD," imbuhnya.

Diinformasikan sebelumnya, sempat terjadi tarik menarik antara eksekutif dan legislatif, terkait perubahan jadwal pembahasan KUA-PPAS. Namun hal itu bisa diselesaikan dengan kesepakatan antara keduanya, bahwa pembahasan dan pengesahan P-APBD akan dilakukan pada 27 September 2021.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00