Ratusan Pendaftar Pilkades di Bondowoso Mulai Verifikasi Administrasi

.

KBRN, Bondowoso : Sekitar 600 pendaftar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bondowoso menjalani proses verifikasi administrasi di kantor pemerintah daerah setempat.

Ketua Panitia Pilkades Kabupaten, Mahfud Junaidi menerangkan, verifikasi terhadap ratusan calon dari 171 desa yang tersebar di 23 kecamatan tersebut, rencananya dilaksanakan hingga 27 September 2021 mendatang. 

Karena dalam masa pandemi Covid-19, maka per hari proses verifikasi dilakukan dalam tiga sesi. Dengan jumlah yang berbeda-beda setiap sesinya, agar tidak terjadi kerumunan. 

"Yang jelas kita sudah asesmen oleh Satgas Covid-19," jelasnya, Jumat (17/09/2021).

Pria yang pernah menjabat sebagai Camat Tamanan itu menekankan, verifikasi ini dilakukan untuk memastikan kesusaian dan keabsahan data yang dilampirkan oleh pendaftar. Untuk itu, panitia Pilkades kabupaten  juga melibatkan dinas terkait. 

Seperti, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Kemenag, Dispendukcapil, Bagian Hukum, dan Dinas Kesehatan. 

"Yang lolos verifikasi selanjutnya persiapan untuk melaksanakan tes tulis," kata pria yang juga menjabat Asisten 1 Pemkab Bondowoso ini. 

Di sisi lain, Sekretaris Panitia Pilkades serentak kabupaten, Haeriyah Yuliati menyebutkan, dari total jumlah pendaftar, ada 100 orang lebih yang merupakan incumbent atau petahana. 

Dalam verifikasi administrasi ini, khusus petahana juga harus melampirkan surat keterangan (SK) tak memiliki tanggungan tugas. 

"Untuk yang dari Inspektorat itu hasil audit tahun 2020. Sementara yang camat hasil monitoring anggaran berjalan selama satu semester. Mulai Januari sampai Juni," pungkasnya.

Surat keterangan ini, dikeluarkan oleh Asisten 1 Pemkab dengan dasar hasil rekomendasi Inspektorat dan camat setempat. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00