Sambut Kedatangan Menteri Sandiaga Uno, di Kampung Blekok Situbondo

Kampung Blekok Desa Klatakan Kecamatan Kendit, Situbondo. Salah satu desa wisata yang masuk nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Kamis (16/9/2021) (Foto Diana Arista)

KBRN, Situbondo : Kampung Blekok di Desa Klatakan Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, merupakan salah satu desa wisata yang masuk nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Saat ini, tim juri sedang melakukan evaluasi lapangan di Kampung Blekok, sekaligus dalam rangka menyambut kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, pada Jumat, 17 September 2021.

"Hari ini ada dua orang juri yang melakukan evaluasi lapangan," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Situbondo, Tutik Margianti, saat berada di Kampung Blekok, Kamis (16/9/2021).

Kata Tutik, ada tujuh kategori yang menjadi penilaian tim juri, di antaranya, penilaian desa digital, konten kreatif, daya tarik wisata, homestay, toilet, suvenir, dan CHSE (clean, health, safe, environment).

"Dari tujuh kategori yang dijadikan penilaian sudah disiapkan. Sebenarnya, tujuh kategori ini sudah ada semua. Hanya memang ada pembenahan," bebernya.

Tutik optimis, Kampung Blekok bisa lolos sepuluh besar ADWI 2021. Sebab memiliki nilai unggul, yakni ekowisata yang mengedukasi dengan mengenal alam. Budidaya mangrove dan ribuan burung air dengan berbagai spesies, menjadi perhatian nasional. 

Ditambah lagi ekonomi kreatif masyarakat setempat yang mampu bertahan di tengah pandemi. Produk kerajinan yang merupakan penghasilan masyarakat setempat, punya pangsa pasar yang cukup bagus, bahkan hingga ke luar negeri. 

"Artinya, wisata ini terintegrasi dengan aktivitas ekonomi masyarakat setempat. Ini luar biasa," ucapnya.

Diinformasikan sebelumnya, di Jawa Timur, ada enam desa wisata yang masuk 50 besar ADWI 2021 di antaranya, Kampung Blekok di Kabupaten Situbondo, Sanankerto di Kabupaten Malang, Kampung Majapahit Bejijong di Kabupaten Mojokerto, Tamansari di Kabupaten Banyuwangi, Ranupani di Kabupaten  Lumajang, dan Serang di Kabupaten Blitar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00