Peserta PPPK Tembus 2 Ribu Lebih, Kebutuhan Guru di Bondowoso Akan Disebar Hingga Ke Pelosok

Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin Saat Meninjau Pelaksanaan Tes PPPK Di SMA Negeri 2 Bondowoso

KBRN, Bondowoso: Jumlah peserta yang ikut seleksi Pegawai Pemerintah Perjanjian Kontrak (PPPK) di Kabupaten Bondowoso tembus 2032 orang. Jumlah ini rupanya melebihi kuota yang disediakan pemerintah yakni 1918 peserta.

Bupati Bondowoso Drs. KH Salwa Arifin mengatakan, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bondowoso (Disdikbud) akan melakukan pemetaan. Tujuannya untuk menyebar guru yang lolos tes ke masing-masing lembaga yang membutuhkan, bahkan hingga ke pelosok pedesaan.

" Kalau sekarang masih belum kita petakan. Mestinya begitu, daerah pinggiran juga diperhatikan, tidak hanya di kota," katanya saat meninjau pelaksanaan tes seleksi PPPK di SMA Negeri 02 Bondowoso, Kamis (16/09/2021).

Sementara itu, Kepala BKD Bondowoso, Asnawi Sabil menerangkan bahwa untuk mencukupi kebutuhan guru di Bondowoso, maka sebarannya harus merata di semua daerah yang membutuhkan. 

" Standar kompetensi, standar kualifikasi guru ada pemerataan sehingga tidak ada lagi daerah yang tenaga gurunya terbatas, kualifikasinya minus, di kota sangat unggul di daerah-daerah tertentu minus," terangnya. 

Menurutnya, kebutuhan tenaga pendidik menyesuaikan dengan Dapodik ( Data Pokok Pendidikan ). Data tersebut akan terus diperbaharui seiring adanya guru yang memasuki masa pensiun. Adapun, kebutuhan guru sendiri merata di berbagai mata pelajaran baik di tingkat SD-SMA.

" Dinamika guru kan ada yang pensiun kapan saja. Karena bagaimanapun banyak guru yang menjelang purna bakti," tambahnya. 

Data dihimpun, tes yang dilaksanakan sejak 13-17 September 2021 tersebut digelar di tiga titik berbeda. Selain di SMA Negeri 2, tes juga dilaksanakan di SMK Negeri 1 dan SMK Negeri 3 Bondowoso. Sebanyak 54 orang mengundurkan diri dan 10 orang lainnya tidak hadir karena ikut tahap II pada Oktober nanti. (san/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00