Saraton dan Nikmah Akhirnya Memiliki Rumah Berlantai Keramik

Bupati Situbondo, Karna Suswandi, saat menyerahkan cindera mata bedah rumah milik pasutri Saraton dan Nikmah. Bupati didampingi Wakil Bupati Ny.Hj.Khoirani dan Ketua Pramuka Peduli, Hadi Priyanto. Sabtu (31/7/2021) (Foto Diana Arista)

KBRN, Situbondo : Saraton (70) tahun, warga Dusun Cobbu' Desa Curahtatal Kecamatan Arjasa, tak pernah bermimpi punya rumah layak. Ia bahkan tak berani bermimpi punya rumah, sekalipun berlantai semen.

Selama ini, Saraton bersama istrinya, Nikmah, tinggal digubuk berukuran 2×3 meter persegi, dari anyaman bambu dan berlantai tanah. Hanya ada kamar yang sekaligus menjadi tempat tamu. Bagian belakang tersisa sedikit untuk dapur.

"Itu rumah kami. Bambu penyangganya sudah roboh karena rapuh. Semalam hujan, kamipun tak bisa tidur, karena atap bocor. Setiap kali turun hujan, pasti bocor," ujar Saraton sembari menunjuk rumahnya, yang berada di belakang rumah yang sedang dibangun itu.

Rumah Saraton berada di antara ratusan pohon sengon, berdiameter sekitar 50 sentimeter. Berada di sisi bukit, dan jauh dari tetangga. Persis seperti rumah pengasingan yang jauh dari keramaian.

"Saya tinggal di sini awalnya memang untuk bekerja. Membersihkan kebun milik orang, dan memelihara ternak orang," akunya.

Ia tak pernah mengeluh dengan kehidupannya. Karena menurutnya, sudah memiliki tempat tinggal dan bisa makan setiap hari, merupakan nikmat yang luar biasa dari yang Maha Kuasa.

"Bisa makan sudah senang. Ya makan apa saja, tak harus nasi. Kadang ketela pohon dan lainnya. Karena tidak setiap hari saya punya uang," kisahnya seperti tanpa beban.

Namun siapa sangka, Saraton ketiban rezeki nomplok, rezeki yang tak disangka-sangka. Kegiatan Wirakarya 2021, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Situbondo, yang digelar di Desa Curahtatal Kecamatan Arjasa, memilih rumah Saraton untuk dibedah.

"Terima kasih, terima kasih, karena saya dan keluarga dibangunkan tempat tinggal sebagus ini. Bertahun-tahun kami tinggal di rumah kami yang apa adanya," ujarnya berulang kali kepada Bupati Karna Suswandi dan Wakil Bupati Ny.Hj.Khoirani yang didampingi Ketua Pramuka Peduli, Hadi Priyanto.

Ya, rumah semi permanen berukuran 3×8, dengan lantai keramik, sangat membahagiakan Saraton, pun istrinya. Tak henti-hentinya ucapan terima kasih diucapkan oleh kedua pasangan suami istri asal Dusun Dergung Desa Curahtatal ini.

"Kami tak pernah bermimpi bisa punya rumah seperti ini. Karena untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, kami kekurangan," ujar istrinya, Nikmah, sembari mengusap air mata bahagia dengan punggung tangan kanannya.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, yang datang langsung untuk meninjau pembangunan rumah tersebut, mengaku terharu dengan kondisi rumah warganya itu.

"Bantuan ini jatuh kepada orang yang tepat. Pemberian ini tidak seberapa, namun ini salah satu bentuk kepedulian pemerintah daerah kepada bapak dan ibu," ujar Karna Suswandi, yang pandangannya tertuju kepada kedua pasangan suami istri itu.

Bupati bahkan berjanji, akan memperbaiki jalan menuju Dusun Cobbu' yang masih makadam. Jika infrastruktur jalan sudah bagus, maka akses warga sekitar akan lebih mudah, yang akan berdampak terhadap meningkatnya perekonomian warga.

"Kita rencanakan agar jalan ini dibangun. Tapi jangan kesusu, tunggu dulu," ujar Bung Karna, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Ketua Pramuka Peduli, Kwarcab Situbondo, Hadi Priyanto mengatakan, kegiatan Wirakarya 2021, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka di tengah pandemi, fokus untuk melakukan kegiatan sosial.

"Kegiatan kami kali ini menyasar warga miskin terdampak pandemi COVID-19 yang ada di pelosok desa. Kami membagikan 210 paket sembako, dan membangun satu unit rumah milik pak Saraton," beber pria yang juga anggota DPRD Situbondo.

Pantauan RRI, kegiatan Wirakarya 2021, dilaksanakan di Desa Curahtatal. Ada 210 paket sembako yang dibagikan kepada para dhuafa, yang diutamakan janda atau duda. 

Bupati Situbondo Karna Suswandi, bersama Wakil Bupati Ny.Hj.Khoirani, membagikan langsung paket sembako kepada penerima. Pembagian sembako bertempat di Dusun Telaga Sari Desa Curahtatal, Minggu (31/7/2021).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00