Insentif Untuk 906 Nakes di Banyuwangi Cair, Jumlahnya mencapai 13,8 M Rupiah

KBRN, Banyuwangi : Insentif untuk 906 tenaga kesehatan (nakes), di kabupaten Banyuwangi mulai dicairkan. Insentif tersebut diberikan kepada, dokter spesialis, dokter umum, perawat, bidan, dan tenaga kesehatan lainnya, yang sudah berkorban sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

Bupati Ipuk Fiestiandani mengatakan, insentif ini tentu tidak sebanding dengan dedikasi dan pengorbanan para tenaga kesehatan dalam penanganan pandemi, dan pencairan ini untuk triwulan pertama, yang mencapai 13,8 milyar rupiah, yang dianggrakan melaui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Insentif tenaga kesehatan ini adalah anggaran daerah (APBD), memang agak terlambat, karena memang prosedurnya terus menyesuaikan aturan dari pusat, kami berterima kasih kepada nakes, dedikasi dan pengorbanan mereka tidak bisa dinilai dengan uang," ungkap Bupati Ipuk, Sabtu (31/7/2021).

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan dr. Widji Lestariono, Sabtu (31/7/2021) menjelaskan, insentif nakes ini diberikan kepada tenaga kesehatan yang bekerja menangani covid-19 di RSUD Blambangan, RSUD Genteng, Laboratorium kesehatan daerah (labkesda), dan 45 puskesmas.

“Totalnya Rp 13,8 miliar, dengan rincian untuk dokter spesialis di RSUD mendapat insentif sekitar Rp 15 juta per bulan, dokter umum sekitar Rp 10 juta/bulan, perawat/bidan Rp 7,5 juta/bulan, sedangkan untuk nakes di puskesmas sekitar Rp 5 juta perbulan," ungkap dr Widji Lestarriono.

Sementara itu, salah seorang perawat penerima insentif, Yudo Budi Haryono mengaku senang akhirnya bisa menerima insentif, menurutnya insentif yang diterima bisa menjadi salah satu penyemangat bagi kami untuk tidak menyerah menangani covid 19.

"Terus terang kami iklhas dalam meberikan tenaga dan pikiran selama pandemi ini, karena sebagai nakes kami memang terpanggil untuk terus melakukan penanganan kesehatan, terima kasih atas perhatiannya," ungkap Yudo, Sabtu (31/7/2021). (sum/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00