Gelar Hajatan Abaikan PPKM Level 4, Tokoh Agama di Jember Didenda 10 Juta

KBRN,Jember : Satuaan Tugas Penanggulangan Covid 19 Kabupaten Jember, Jumat (30/7/2021), melakaksanakan Sidang dugaan  pelanggaran protokol kesehatan dalam kegiataan Hajatan Walimatul Ursy, putri dari KH Abdullah Syamsul Arifin (Gus Aab) di Ponpes Darul Arifin, Desa Curah Kalong, Kec Bangsalsari, Jember.

Kegiatan hajatan putri dari Ketua PCNU Jember itu  berlangsung pada Rabu (28/7/2021) lalu serta memicu terjadinya  kerumunan ditengah langkah Pemerintah menerapkan PPKM Level 4.

Dari sidang yang dilakukan secara Virtual, Hakim Pengadilan Negeri Jember menjatuhkan pidana denda 10 juta rupiah dengan kurungan selama 15 hari terhadap Taufik Hidayat selaku Ketua Panitia Pelaksanaan Hajatan Walimatul Ursy, Putri dari KH Abdullah Syamsul Arifin (Gus Aab).

Terdakwa terbukti melanggar pasal Perda Prop jatim no 2 th 2020 psl 20, psl 27A, pasal 27B, psl 27C pasl 49 ayat ( 6 ) ttg perubahan atas perda Prov jatim nomor 1 th 2019 tentang penyelenggaraan ketentraman ketertiban umum dan pelindungan masyarakat. 

" Persidangan dugaan pelanggaran prokes digelar secara Virtual di Kantor Satpol pP Pemkab Jember dengan agenda sidang diawali pemeriksaan saksi-saksi dari pihak Petugas Satgas dan keterangan terdakwa," kata Kasie Humas Polres Jember Iptu Brisan Imman melalui keterangan tertulis yang diterima RRI,Jumat (30/7/2021).

Diterangkan olehnya, Proses penindakan diawali dengan pemeriksaan beberapa saksi di lokasi pelaksanaan, termasuk dari pihak orang tua mempelai dan Ketua Panitia Pelaksanaan Hajatan yang dihadiri oleh Satgas Covid Polres Jember Bersama Koramil Bangsalsari dan PP Jember.

Sementara Ketua Satgas Covid 19 Kabupaten Jember, Hendy Siswanto mengatakan Semua pelanggar protokol kesehatan tetap akan ditindak sesuai dengan surat edara Kementerian Dalam Negeri terkait pelaksanaan PPKM Level 4.

Bupati menambahkan, jangan melihat nilai nominal denda, namun lebih dari itu adalah persoalan kematian akibat pandemi covid 19. Kedepan pihaknya berharap, PPKM Level 4 di Jember benar-benar dapat dipatuhi oleh seluruh pihak dalam melindungi rakyat dan menyelamatkan nyawa masyarakat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00