FOKUS: #VAKSIN COVID-19

97 persen Korban Meninggal Akibat COVID-19, belum divaksin

Peta Sebaran COVID-19 di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, per tanggal 23 Juli 2021. Dari 505 pasien meninggal akibat COVID-19, 494 orang diantaranya belum divaksin. (Foto istimewa).

KBRN, Situbondo : Korban meninggal akibat COVID-19 di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, sebagian besar ternyata masyarakat yang belum divaksin. 

Hal itu berdasarkan data Satgas COVID-19 pada 23 Juli 2021. Dari 505 pasien meninggal akibat COVID-19, 494 orang diantaranya belum divaksin. Selebihnya, sudah melakukan vaksin.

"97 persen kematian akibat COVID-19, adalah mereka yang belum divaksin. 2 persen selebihnya sudah divaksin, ujar Bupati Situbondo, Karna Suswandi kepada RRI, Selasa (27/7/2021).

Bupati mengaku, cakupan vaksinasi COVID-19 di Situbondo masih sangat rendah, yakni 20 persen, dari target 70 persen warga Situbondo. Oleh karenanya, pemkab terus berupaya memperluas cakupan vaksin.

"Banyak yang menolak divaksin. Mereka takut akan dampak vaksinasi, seperti yang banyak diberitakan melalui sosial media. Padahal info itu tidak benar," bebernya.

Vaksin justru menguatkan imun dan memperkecil dampak, jika suatu saat terpapar virus corona. Namun karena mental masyarakat sudah terbentuk kuat melalui informasi hoaks, akhirnya mereka banyak yang menolak vaksin.

"Kita akan terus berupaya memperluas cakupan vaksinasi. Kemarin kita sudah mencanangkan vaksinasi terhadap pelajar SMP dan SMA sederajat. Para pelajar tersebut diharapkan mampu menjadi pelopor, guna suksesnya vaksinasi di Situbondo," ucapnya.

Bupati juga mengumpulkan segenap tokoh masyarakat, yang terdiri dari para ustadz dan para kiai. Para tokoh masyarakat ini dinilai efektif, untuk mengajak masyarakat di tingkat akar rumput agar bersedia divaksin.

"Tokoh masyarakat ini kan dekat dengan masyarakat, dan lebih diterima dibandingkan pemerintah," katanya.

Vaksinasi menjadi salah satu upaya pemerintah, memutus mata rantai penyebaran COVID-19, yang hingga saat ini masih terjadi penularan dengan angka yang cukup signifikan, termasuk di Situbondo. Setiap harinya, tambahan kasus positif virus corona di Situbondo, jika dirata-rata tidak kurang dari 100 orang, meskipun angka sembuh juga tinggi. Sedangkan angka kematian selalu berada di atas 20 orang dalam setiap harinya.

"Angka kematian kita masih tinggi, termasuk tambahan kasus aktif juga masih tinggi. Oleh karenanya, vaksinasi harus terus didorong," tutupnya.(din/pw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00