(Cek Fakta) Viral Video Ambulan Telantarkan Jenazah Covid 19 di Jember

KBRN,Jember: Viral video berdurasi 16 detik berisi peristiwa sebuah mobil ambulan membawa jenazah Covid 19 diletakan di tepi jalan raya di Kabupaten Jember. Video itu beredar melalui media sosial WAG dan Facebook.

Dalam video yang beredar dan direkam oleh seorang pengendara mobil yang tengah melintas, tampak sebuah Mobil Ambulance Puskesmas Kepatihan terparkir di tepi jalan. Seorang petugas medis dengan APD lengkap terlihat tengah berdiri menunggu satu jenazah yang tergeletak dibelakang mobil ambulance itu. 

Tidak terlihat seorang pun warga yang berani mendekati untuk membantu petugas untuk memindahkan jenazah pasien covid 19 itu. Peristiwa itu sempat menjadi viral dan membuat kehebohan.

Atas beredarnya video itu, Pihak Muspika  Kecamataan Kaliwates akhirnya memberikan klarifikasi terkait peristiwa sebenarnya 

"Kami Muspika Kaliwates hari ini melakukan klarifikasi terhadap PKM Jember kidul atas kejadian video viral yang menelantarkan jenazah covid 19 dan alhamdulillah sudah terjawab semua," ujar Kapolsek Kaliwates AKP Edy Sudarto melalui keterangan tertulis kepada RRI,Senin (26/7/2021).

Kronologis kejadian itu terjadi pada hari Minggu (25/07) sore,  pihak PKM Jember Kidul menerima laporan dari pihak korban dengan sesak nafas, kemudian langsung perintahkan sopir ambulannya untuk meluncur ke kediaman korban tersebut.

"Putranya ( Almarhumah ) melaporkan bahwa Ibunya Sakit sesak nafas, Kepala PKM Jember Kidul memerintahkan Sopir Ambulance Kepatihan untuk melakukan evakuasi korban. agar di bawa ke RSU Kaliwates namun sampai di Rumah Sakit sudah Meninggal Dunia,"Jelasnya.

Karena kondisi pasien tidak tertolong dan dinyatakan telah meninggal dunia maka pasien langsung diantarkan kembali ke rumah duka mengunakan Mobil Jenazah yang dikemudikan oleh Slamet Riyadi, namun mobil ambulan alami masalah dibagian roda belakang pada kereta pengusung.

"Jadi, ketika Jenasah dibawah ke Pulang ke Rumah, saat sopir Ambulance menurunkan Jenazah dari Ambulance terjadi trouble di roda belakang kereta pengusung sehingga jenazah tetap berada di kereta pengusung yang ada di jalan Aspal Jalan Sultan Agung sambil Menunggu keluarga Almarhumah dan pukul 21.00 Wib Almarhumah di bawa Mobil Jenazah RS Bina Sehat untuk dilakukan prosesi Pemulasaran," bebernya.

Pihak Muspika Kaliwates bersama PKM Jember Kidul menyatakan tidak ada tindakan penelantaran jenazah pasien Covid 19 seperti informasi yang disampaikan dalam video, Hal itu sangat disesalkan karena membuat Video itu viral danembuat heboh masyarakat di Kabupaten Jember. (gan/pw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00