Dinsos Jember Pastikan Penyaluran Bansos Covid 19 Tepat Sasaran

KBRN,Jember : Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial Pemkab Jember memastikan penyaluran Bantuan Sosial bagi warga terdampak Covid 19 telah sesuai dengan target sasaran yang diharapkan Pemerintah.

Hal itu mengacu pada proses pendataan penerima manfaat bantuan sosial yang dilakukan melalui proses verifikasi cukup panjang berdasarkan usulan dari RT/RW, Kelurahan/Desa, Kecamataan, Pemerintah Daerah untuk selanjutnya diusulkan ke Pemerintah Pusat.

"Kalau ditanya apakah bansos yang disalurkan tepat sasaran, kami pastikan sebagiaan besar sudah tepat sasaran karena sumber data yang digunakan merupakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Pemerintah," ujar PLT Kepala Dinas Sosial Pemkab Jember Widi Prasetyo saat berdialog bersama RRI, Senin (26/7/2021).

Kendati demikiaan,dalam perjalanan tidak dipungkiri terdapat adanya kekurangan dengan data dilapangan sehingga pihaknya juga melakukan verifikasi data dan  berkordinasi dengan Kementerian Sosial RI terkait Data Bantuan Sosial bagi warga terdampak Covid 19 di Kabupaten Jember.

"DTKS menjadi satu-satunya data yang ditetapkan Kemensos maupun Lembaga dan Kementerian untuk memberikan Peogram Peningkatan Kesejahteraan Sosialdan terkait itu Kemensos sejak bulan April hingga Juli ini juga masih terus melakukan upaya perbaikan-perbaikan data sehingga diharapkan DTKS ini dapat valid dan sesuai dengan sasaran," terangnya.

Widi Menambahkan Pemerintah Daerah dalam hal pemberian Bantuan Sosial bagi warga terdampak Covid 19, menyalurkan program bantuan baik yang digelontorkan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan juga Pemerintah Kabupaten Jember.

"Bagi warga penerima PKH dan BSR dari Kemensos pada masa Pandemi Covid 19 selain bantuan Tunai juga diberikan tambahan bantuan beras @10 kg, penyaluran nantinya akan dilakukan pihak Bulog totalnya ada sebanyak 136.016 jiwa, hari ini sudah mulai terdistribusi ke 7 kecamatan dan targetnya 5 hari kedepan bisa tersiatribusi ke 31 kecamataan di Kabupaten Jember," tegasnya.

Selain itu Pemerintah Daerah bersama pihak Bulog juga menyalurkan bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sebanyak 100 Ton untuk sekitar 17.850 Jiwa dengan ketentuan @5,6 kg. Tak hanya itu Dinaa Sosial juga menyiapkan sebanyak 3.000  dengan ketenuan @5kg beras serta penyaluran bantuan sosial bagi 4.000 sasaran penerima @5 kg beras  penyaluran oleh TNI/Polri.

"Dan pada bulan Juli ini minggu ke lima ini akan kita salurkan kepada 2.123 KK paket sembako bagi warga yang menjalani isoman, kebijakan Bupati juga dalam rangka jaring pengaman sosial terkait dampak covid ini juga memberikan bansos untuk diterimakan kepada 100 ribu KK yang saat ini datannya sedang kita olah dan satu garis besarnya bantuan yang disalurkan tidak diperbolehkan tumpang tindih dengan program maupun penerima manfaat yang sudah dicover melalui program bantuan lainnya," pungkas Widi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00