Pembudidaya Keramba Jaring Apung di Situbondo, Eksis di Tengah Pandemi

Bantuan program CSR PT PLN UP3 Situbondo kepada Pembudidaya Ikan Keramba Jaring Apung di Kampung Kerapu, Desa Klatakan Kecamatan Kendit. (Foto Diana Arista)

KBRN, Situbondo : Pandemi COVID-19 membawa dampak yang luar biasa di semua sektor, salah satunya ekonomi. Namun tidak demikian dengan Perkumpulan  Pembudidaya Ikan Keramba Jaring Apung (PPIK) di Desa Wisata Kampung Kerapu, Situbondo, Jawa Timur.

"30 Oktober 2020, kami mendapat bantuan uang tunai senilai Rp67.250.000 dari PT PLN (Persero) UP3 Situbondo, serta pelatihan dan restocking benih lobster," ujar Ketua PPIK, Hartoyo, Senin (14/6/2021).

Hartoyo mengaku, bantuan uang tunai tersebut digunakan untuk membeli bibit benih lobster, bibit kakap putih, bibit kerapu tikus, termasuk pelatihan pembudidayaan kepada para nelayan di Kampung Kerapu.

"Hingga saat ini, kami sudah menuai hasilnya. Kami mampu bertahan di tengah pandemi, berkat bantuan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT PLN (Persero) UP3 Situbondo," bebernya.

Hartoyo mengemukakan, panen lobster perdana dilakukan pada Bulan Februari 2021, sebanyak 60 kilogram (kg). Panen kedua di Bulan April 2021 dengan hasil 50 kg, dan panen ketiga di Bulan Mei 2021 sebanyak 70 kg. 

"Ikan kakap putih dan kerapu tikus belum waktunya dipanen. Akhir bulan ini, kemungkinan besar sudah masuk masa panen," terangnya.

Bantuan dari PT PLN UP3 itu, lanjut Hartoyo, sangat membantu bagi petani keramba ikan jaring apung. Sebab mereka sangat terdampak akibat pandemi COVID-19, sebab harga ikan kerapu turun drastis.

"Sejak CSR digelontorkan, pembudidaya di kampung kerapu mulai bersemangat. Yang awalnya lesu di awal pandemi, sekarang petani sudah mulai bangkit kembali," katanya.

Ia berharap, program CSR PLN UP3 Situbondo, dapat memberikan manfaat kepada seluruh lapisan masyarakat khusunya di Kabupaten Situbondo, tak hanya berhenti dengan bantuan terhadap petani ikan kerapu, namun juga di bidang lainnya. 

"PLN sangat peduli dengan kita. Semoga CSR PLN juga bisa memberikan manfaat kepada kelompok lainnya. Sehingga terjalin sinergi antara masyarakat dengan PLN," katanya penuh harap.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00