PMI Jember Targetkan 10 Pesantren Sebagai Lumbung Pendonor Pemula

KBRN,Jember : Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember menargetkan mampu mengandeng Pondok Pesantren sebagai lumbung pendonor pemula.

Hal tersebut ditegaskan Ketua PMI Kabupaten Jember, Zainal Marzuki dalam Peringatan Hari Donor Darah Sedunia yang diperingati setiap tanggal 14 Juni.

Menurut Zainal, saat ini PMI Jember telah memiliki sebanyak 14 ribu orang pendonor aktif yang secara rutin menyumbangkan darah secara sukarela. Namun demikian juga sibutuhkan upaya regenerasi para pendonor dalam rangka memenuhi kebutuhan darah masyarakat di Kabupaten Jember dan sekitarnya.

Para santri di Pondok pesantren dinilai memiliki peran penting untuk menjadi pendonor aktif dalam aksi kemanusiaan yang secara berkesinambungan akan digalakaan PMI Jember.

"momentum peringatan hari donor darah sedunia tahun ini, kita mulai melakukan inovasi dan mengandeng pondok pesantren sebagai bagiaan dalam aksi kemanusiaan donor darah," ujarnya ditemui RRI,Senin (14/6/2021).

Untuk di Kabupaten Jember sendiri ditargetkan ada 10 pesantren yang dapat digandeng PMI Jember sebagai lumbung pendonor pemula.

" Tahap awal PMI jember telah mengandeng serta menjalin kerjasama dengan pondok pesantren Nurul Islam dan pondok pesantren al qodiri,Jember, diharapkan setiap pelaksanaan donor darah diharapkan mampu mendapatkan 100 kantong darah yang disumbangkan para santri dan santriwati dari sejumlah pondok pesantren tersebut," jelasnya.

Zainal menambahkan selain menargetkan 10 pondok pesantren menjadi lumbung pensonor pemula.

Selain Ponpes Nuris, kedepannya PMI Kabupaten Jember akan menggandeng  Ponpes Al Qodiri, Ponpes Madinatul Ulum Jenggawah, Ponpes Al Hasan Panti, Ponpes Assuniyah Kencong, Ponpes Annuriyah Kaliwining, Ponpes Bustanul Ulum Mlokorejo, Ponpes Nurul Qurnain Sukowono, Ponpes Fatihul Ulum Tanggul, Ponpes Baitul Arqom Balung, Ponpes MHI Bangsalsari.

PMI Jember sebelumnya juga mengagas dua desa menjadi kampung donor darah yakni di desa Kidul Besuk dan desa Karangduren.

"masyarakat dari kampung donor tersebut telah secara rutin dan sukarela menyumbangkan darah melalui aksi donor darah yang digelar secara rutin oleh UDD PMI Jember," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00