Masjid al-Abror Situbondo Gelar Shalat Idul Fitri di tengah Pandemi COVID-19

Panitia Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah, mengatur jarak antar jemaah, sebagai bentuk menaati prokes COVID-19. Kamis (13/5/2021) (Foto Diana Arista)

KBRN, Situbondo : Masjid Agung al-Abror Situbondo, Jawa Timur, menggelar Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah, dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 secara ketat. 

Panitia Shalat Idul Fitri, memeriksa  satu persatu suhu tubuh jemaah yang memasuki kawasan masjid, untuk memastikan kondisinya. Termasuk juga Bupati Situbondo, Karna Suswandi dan rombongan, yang melaksanakan shalat Idul Fitri di masjid yang hanya berjarak sekitar 50 meter dari Pendopo. 

"Bagi yang tidak menggunakan masker, silahkan menghadap panitia, karena kami menyediakan masker bagi yang tidak bermasker," ujar panitia melalui pengeras suara masjid, Kamis (13/5/2021).

Panitia juga mengatur jarak jemaah shalat masjid, untuk menghindari kerumunan. Kapasitas masjid hanya terisi 15 persen dari semestinya, sedangkan Jemaah lainnya meluber hingga ke Alun-Alun yang ada di halaman masjid, berbatasan dengan jalan raya. 

"Saya memilih di luar masjid, lebih isis (sejuk). Apalagi sekarang kan pandemi, menghindari berkumpul di dalam ruangan," ungkap Ade Zian Sarofi, salah seorang jemaah.

Pemerintah setempat juga telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan COVID-19 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah dan Silaturrahim pada Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. 

Karena Situbondo berada di zona oranye, maka pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1442 Hijriah bisa dilaksanakan dengan ketentuan 15 persen dari kapasitas semestinya.

Menurut peta sebaran Satgas  COVID-19 Situbondo, kasus positif virus corona mencapai 2.520 kasus dengan jumlah kesembuhan mencapai 2.318. 199 orang diantaranya meninggal dunia, dan tiga orang sedang dirawat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00