Pelaksanaan Sholat Id di Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi Terapkan Prokes

Suasana menjlang Sholat Id di Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi. (Son)

KBRN, Banyuwangi : Ribuan warga Banyuwangi, Jawa Timur, melaksanakan shalat Idul Fitri 1442 H di Masjid Agung Baiturrahman Banyuwangi, Kamis (13/5/2021).

Berdasarkan pantauan RRI, jamaah mulai berdatangan sejak subuh, agar bisa masuk ke dalam masjid, karena jumlah jamaah dibatasi dan  diwajibkan menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, menyiapkan tempat cuci tangan lengkap dengan sabunnya, serta suhu badannya diperiksa oleh petugas.

Antusiasme masyarakat tersebut membuat beberapa jamaah terpaksa melaksanakan sholat hingga kawasan jalan Jendral Sudirman dan kawasan taman Sritanjung, karena jumlah jamaah dibatasi 2000 jamaah.

Salah satu jamaah, Hafiz, merasa bersyukur bisa melaksanakan Sholat Idul Fitri, meskipun tidak dapat masuk masjid karena keterbatasan Kuota, karena aturan Protokol Kesehatan, dirinya terpaksa sholat di kawasan taman Sritanjung.

"Alhamdulillah bisa melaksanakan Sholat Id, dan tidak masalah meski diluar masjid, karena memang jumlah jamaah yang bisa masuk masjid dibatasi," ungkap Hafiz, Kamis (13/5/2021).

Sementara itu habib Ikhsan Al-Hadad dalam khutbahnya menjelaskan, agar semua umat muslim selalu bersyukur dan bersabar, karena nikmat yang diberikan Allah harus selalu disyukuri, dan apa yang sudah dilakukan selama bulan Ramadhan bisa selalu ditingkatkan.

"Sebagai seorang muslim, hendaknya kita selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan, seperti kesehatan, rejeki, dan kita harus bersabar, dengan cobaan, yang terjadi saat ini, semoga semuanya dalam lindungan Allah SWT," ungkap Ikhsan Al-Hadad, Kamis (13/5/2021).

Pihaknya mengharapak masyarakat bisa mematuhi anjuran pemerintah untuk selalu patuh terhadap protokol kesehatan, mulai mengunakan masker, rajin mencuci tangan dan menjauhi kerumunan dan mengurangi aktivitas diluar luar. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00