Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 H, Masjid Jami Al Baitul Amin Jember Terapkan Prokes Ketat

KBRN, Jember : Ribuan umat muslim di Kabupaten Jember melaksanakan Sholat Idul Fitri 1442 Hijriah, Kamis (13/5/2021). Pelaksanaan sholat Idul Fitri digelar di Masjid, Musholla dan lapangan dengan menerapkan protokol kesehatan mencegah penularan Covid 19.

Seperti Pelaksanaan Sholat Idul Fitri yang berlangsung di Masjid jami Al Baitul Amin Jember. Ribuan jamaah yang hadir wajib mentaati aturan protokol kesehatan. Namun demikian masih saja ditemukan adannya warga masyarakat yang enggan mengikuti ajuran penerapan protokol kesehatan sehingga pihak panitia sempat melarang masuk ke dalam masjid.

“saya warga sini, kalau sholat tidak perlu menggunakan masker,” bantah seorang jamaah kepada petugas yang sigap melarang masuk ke dalam area masjid jami Al Baitul Amin.

Tak pelak, ulah seorang jamaah itu menuai hujatan dari sebagian jamaah lain yang telah dengan sadar menerapkan protokol kesehatan ketika mengikuti sholat Idul Fitri 1442 Hijriah yang berlangsung di masjid kebanggaan masyarakat Kabupaten Jember itu.

“Tindakan itu tak patut ditiru, kesadaran masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan berperan besar agar pandemi covid 19 ini segera hilang, kita semua harus sadar dan kita berharap Ramadhan dan Idul Fitri tahun depan pandemi ini sudah berakhir dan bisa hidup normal,” ujar Suyanto seorang jamaah sholat id di masjid Jami Al Baitul Amin kepada RRI.

Sementara itu untuk pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 H di Masjid Jami Al Baitul Amin bertindak sebagai Imam Kyai Haji Iqbal Ridwan dengan Khotib Kyai Haji Muhamad Madini Faruq. Pelaksanaan sholat id berlangsung pada pukul 06.00 wib diikuti ribuan jamaah yang memenuhi area masjid dan jalan utama di seputaran alun-alun kota Jember.

Pihak panitia menerapkan protokol kesehatan ketat dengan membatasi jumlah jamaah di dalam masjid hanya 50 persen, mengecek suhu badan, penyemprotan disinfektan serta mengatur jarak antar jamaah dan menyiapkan sarana cuci tangan, serta mewajibkan jamaah mengenakan masker.

Seperti diketahui, Pemerintah Kabupaten Jember melalui Tim Satuan Tugas Penanggulangan Covid 19 Kabupaten Jember tidak melarang pelaksanaan sholat Id yang digelar di Masjid, Musholla dan Lapangan seiring dengan Status darurat Covid 19 di Kabupaten Jember saat ini berada di Zona Kuning. Namun demikian Pemerintah daerah setempat tetap mewajibkan pelaksanaan Sholat Idul Fitri dilaksanakan dengan menerapkan Protokol kesehatan ketat.

 

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00