Tentukan 1 Syawal 1442 H, PCNU Banyuwangi Gelar Rukyatul Hilal

Petugas LFNU sedang melihat Hilal

KBRN, Banyuwangi : Lembaga Falakiyah Nadlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Banyuwangi, menggelar rukyatul hilal menentukan 1 Syawal 1442 Hijriah, yang diselenggarakan puncak Hotel Kookon Banyuwangi, Selasa (11/5/2021).

Mengingat masih berada di tengah pandemi COVID-19, dan menghindari kerumunan, maka hanya diikuti oleh 3 perwakilan saja yakni, dari (LFNU) Banyuwangi,Pengadilan  Agama, dan Kemenag Banyuwangi.

Ketua LFNU Banyuwangi, Gufron Mustofa, Selasa (11/5/2021) mengatakan, dalam rukyatul hilal, yang dilaksakan pada hari ini, ada sekitar 10 orang, yakni 4  orang dari LFNU, 4 dari Kemenag dan 2 orang dari Pengadilan Agama, dengan membawa berbagai peralatan, mulai Telescope baik yang masih manual maupun yang sudah modern, serta beberapa peralatan lainnya.

"khusus sore ini, LFNU bergabung dengan Kemenag dan Pengadilan Agama, karena memang pesertanya dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19," ungkap Gufron Mustofa.

Pemantauan Hilal yang dilakasanakan di Hotel Kookon, sebagai salah satu acuan dan sebagai bahan laporan, Pengurus NU wilayah maupun Pusat, sebagai laporan bahan sidang PBNU untuk menentukan awal bulan Syawal 1442 H.

"Hasil rukyatul hilal ini, akan kita laporkan ke PWNU maupun PBNU sebagai bahan acuan dalam menentukan awal bulan Syawal 1442 H, sekaligus sebagai bahan dalam sidang isbat, yang dilakukan oleh Kementrian Agama Pusat," jelas Gufron. (Sum/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00