Terpesona dengan Situbondo, Sandiaga Uno Tertarik Berkunjung

Suasana Ngobrol Bareng Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno bersama Bupati Situbondo, Bung Karna, secara virtual di Ruang Intelligence Room Pemkab Situbondo. Jumat (7/5/2021) (Foto Diana Arista) malam.

KBRN, Situbondo : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, tertarik dengan keindahan pantai di Situbondo, Jawa Timur. 

Bahkan, ia berencana dalam waktu dekat akan berkunjung ke Situbondo, dengan membawa program-program pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Saya lihat, sepanjang pantai di Situbondo itu indah dan cantik. Kami akan ke Situbondo, dan membawa program Kemenparekraf, terutama yang berkaitan dengan wisata bahari," ujar Sandiaga Uno, sapaan akrab Menteri Parekraf.

Hal itu diungkapkan Sandiaga Uno, dalam acara Ngobrol Bareng Menteri Parekraf bersama Bupati Situbondo, secara virtual di ruang Intelegence Room (IR) Pemkab Situbondo itu, Jumat (7/5/2021) malam.

Selain membahas soal potensi pariwisata, ada juga program pengelolaan sampah plastik yang akan dihadirkan di Situbondo. Agar wisata bahari di Situbondo terjaga dari sampah plastik sehingga memiliki keberlangsungan lingkungan. 

Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Kabinet Indonesia Maju itu bahkan sudah menyiapkan total anggaran sekitar Rp60 miliar untuk sertifikasi pariwisata Situbondo, mulai sertifikasi kesehatan, keselamatan, kebersihan dan kelestarian lingkungan.

"Usaha pariwisata yang memiliki sertifikat dan stiker CHSE berarti telah menerapkan protokol kesehatan dan aman untuk dikunjungi. Dengan begitu, akan semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Situbondo," imbuhnya.

Tak berhenti disitu, di bidang ekonomi, Kemenparekraf menjanjikan program permodalan bagi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Katanya, produk UMKM Situbondo, akan didorong untuk masuk dalam program nasional, yakni Gerakan Bangga Buatan Indonesia.

"Situbondo ada gelang kayu, saya lihat bagus sekali, ada juga batik dan ekonomi kreatif lainnya. Kami akan dorong agar bisa masuk dalam program nasional, yakni Gerakan Bangga Buatan Indonesia yang sudah diluncurkan pada 5 Mei lalu," bebernya.

Kata Sandiaga, upaya yang dilakukannya itu, sebagai bentuk pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif, sekaligus membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi masyarakat setempat.

"Sesuai arahan dari pemerintah, bantuan itu bagaimana harus tepat sasaran. Oleh karena itu kami merencanakan untuk mengunjungi Situbondo," ujarnya.

Politisi Gerindra ini menutup acara Ngobrol Bareng itu dengan sebuah pantun.

"Pergi ke warung mencari keripik balado, warungnya tutup, jadinya sia-sia, mari kembangkan pariwisata Situbondo, demi memajukan perekonomian Indonesia," tutupnya diiringi tepuk tangan hadirin di ruang Intelligence Room Pemkab Situbondo.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi, dalam acara yang berlangsung secara virtual itu, memaparkan terkait dengan pengembangan pariwisata kawasan Merak-Baluran yang memiliki banyak pantai cukup indah dan masih alami.

"Alhamdulillah Pak Menteri Sandiaga menanggapi dengan sangat baik, dan Insya Allah dalam waktu yang tidak terlalu lama akan hadir ke Situbondo," ujar Bung Karna, sapaan akrab bupati.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00