Pemkab Situbondo Salurkan Insentif kepada Ribuan Guru Ngaji dan Guru Minggu

Bung Karna, saat penyaluran perdana insentif guru ngaji dan guru minggu, di Kecamatan Arjasa. Rabu (5/5/2021) (Foto Diana Arista)

KBRN, Situbondo : Pemkab Situbondo menyalurkan insentif kepada 4.691 guru ngaji dan guru minggu, yang tersebar di 17 kecamatan di Situbondo.

Penyaluran perdana berlangsung di dua tempat, yakni di Kecamatan Arjasa dan Kecamatan Jangkar. Penyaluran menerapkan prokes ketat, dengan tetap menjaga jarak, bermasker dan tidak berkerumun. 

"Kita harus konsisten dalam penerapan prokes, dalam kegiatan apapun, termasuk penyaluran insentif malam ini," ujar Bung Karna, sapaan akrab bupati, di Kecamatan Arjasa, Rabu (5/5/202) malam.

Bung Karna secara simbolis menyerahkan langsung insentif berupa Kartu Guru Ngaji (ATM) melalui Bank Jatim itu. Penerima bisa mencairkan kapan saja, dan dimana saja, sesuai dengan keinginannya.

"Alhamdulillah penyaluran insentif guru ngaji dan guru minggu dengan menggunakan kartu ATM di hari pertama malam ini berlangsung lancar," ujar Bung Karna, usai peluncuran Kartu Guru Ngaji di Kecamatan Arjasa.

Besaran insentif yang diterima guru ngaji dan guru minggu, kali ini lebih besar dibandingkan tahun lalu, yakni Rp1,5 juta per tahun. Tahun lalu, mereka menerima insentif sebesar Rp1,1 juta. 

"Ini bentuk apresiasi kami kepada para guru ngaji dan guru minggu, atas perannya mendidik generasi bangsa dalam koridor agama," bebernya.

Menurut Bung Karna, guru ngaji punya peran penting dalam membentuk karakter anak. Oleh karenanya, dukungan pemerintah daerah terhadap para guru ngaji dan guru minggu harus diberikan.

"Kedepan, akan kita perhatikan kesejahteraan guru ngaji dan guru minggu, seiring dengan membaiknya kondisi APBD kita," terangnya.

Bung Karna menambahkan, pola penyaluran insentif menggunakan Kartu ATM, selain untuk menghindari kerumunan, juga mengedukasi para guru ngaji dan guru minggu untuk menabung dan mengenal perbankan serta menggunakan insentif itu secara bijak.

Sementara itu, Ustazd Hidayat salah seorang guru ngaji di Kecamatan Jangkar, berterima kasih kepada pemerintah daerah, yang telah memperhatikan kesejahteraan guru ngaji di Situbondo.

"Kami berterima kasih kepada Bung Karna, baru dilantik jadi bupati sudah bisa memberikan perhatian kepada kami, dengan menaikkan insentif teman-teman guru ngaji," katanya.

Penyaluran bantuan khusus insentif guru ngaji dan guru minggu ini akan berlangsung hingga 9 Mei 2021 dan penyalurannya dibagikan kepada para guru ngaji di masing-masing kecamatan, dengan cara bertemu langsung dan virtual. (Din/dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00