TPID Pastikan Stok Pangan di Banyuwangi Aman

KBRN, Banyuwangi : Stok berbagai kebutuhan pokok di kabupaten Banyuwangi, selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri 1442 H dipastikan aman. Berdasarkan pengecekan yang dilakukan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Banyuwangi, di gudang Bulog, Depo Pertamina Tanjungwangi dan sejumlah pasar di Banyuwangi, stok yang ada lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Senin (19/4/2021) mengatakan, dalam peninjuan disejumlah tempat, stok beberapa kebutuhan pokok di Banyuwangi sudah surplus, dan harga relatif stabil.  

"Harga relatif stabil, bahkan cabai yang sebulan lalu menyentuh harga Rp 120 ribu kini turun di angka Rp 40 ribu, stok juga aman, dam para pedagang, tidak kesulitan cari barang," kata Ipuk Fiestiandani.

Dalam tinjau stok bahan pokok tersebut, di pasaran diketahui harga jual ayam potong ras Rp 36 - 37 ribu per kilogram, ayam potong negeri Rp 85 ribu/kg, daging sapi Rp 120 ribu, dan telur Rp 24 ribu.

Sementara itu wakil Kepala Bulog Banyuwangi, Moehari, Senin (19/4/2021) mengatakan saat ini stok beras yang ada dibeberapa sudang Bulog sebanyak 20.300 ton beras, dan jumlah tersebut  Ini bisa mencukupi stok hingga satu tahun ke depan.

"Stok mencapai 20.300 ton beras tersebut, akan bertambah, karena akan memasuki musim panen padi, yang diperkirakan akan ada serapan beras sebanyak 5.400 ton, jadi stoknya aman hingga tahun depan," ungkap Moehari.

Untuk memastikan harga dipasaran selalu stabil, Bulog juga sudah melakukan operasi pasar keliling wilayah Banyawungi, dan operasi pasara tersebut akan kita intensifkan jika ada permintaan dari pemerintah.

"Saat ini operasi pasar hanya di satu titik yakni di Gedung Juang, setelah itu kita berkeliling, karena dalam pantauan kami, harga dipasaran cukup stabil, dan stoknya masih aman,” jelas Moehari.  

Pengecekan ketersediaan dan kesiapan beberapa komoditas bahan pokok ini bagian dari tugas TPID untuk menjaga inflasi di daerah agar selalu stabil.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00