Herman dan Regita Penyandang Tilawah Terbaik, Melaju Ke PTQ Tingkat Nasional

Foto Penyerahan Penghargaan PTQ ke-51 oleh Wakil Bupati Jember (by_Hidayat).jpg

KBRN, Jember : Setelah harus melewati beberapa tahapan serta berhasil "membungkam" 50 peserta secara keseluruhan lomba kategori Tilawah pada pelaksanaan Pekan Tilawatil Qur'an (PTQ) LPP RRI Jember ke-51, Herman Hidayat dan  Regita Cesilia Prayogi akhinya mampu menyandang predikat terbaik Qori' dan Qori'ah.

Di tengah ruang masjid Roudhotul Muchlisin kabupaten Jember, Herman Hidayat dan Regita Cesilia Prayogi berhasil membuktikan karakter dan kemampuan yang dimiliki di hadapan 3 Dewan Hakim, sehingga kedua finalis Tilawah terbaik tersebut dimandatkan untuk mewakili RRI Jember pada Pekan Tilawatil Qur'an (PTQ) tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Palembang Sumatera Selatan pada tanggal 1 hingga 6 Mei 2021 mendatang.

Sementara, untuk finalis terbaik kategori Tausiyah dan Tahfidz masih harus menempuh babak penentuan tingkat provinsi yang akan berlangsung di Surabaya.

Kepala LPP RRI Jember, Suroso, SE menjelaskan, Radio Republik Indonesia selaku lembaga penyiaran memiliki tugas wajib memberikan "wadah" bagi masyarakat Indonesia untuk menyampaikan segala aspirasi serta memberikan support/dukungan atas jalannya roda pemerintahan dalam memberikan yang terbaik bagi bangsa.

"Program Pekan Tilawatil Qur'an (PTQ) ini wajib bagi kami (LPP RRI, Red.) untuk menyelenggarakan secara rutin, meski kita terbentur dengan kondisi seperti saat ini yakni pada masa pandemi Covid-19 dan terpaksa dilakukan secara Zoom", ujar orang nomor 1 di lingkup LPP RRI Jember, Kamis (15/04/21).

"Banyak sekali dinamika yang harus kita lalui bersama dalam PTQ ke-51 pada masa pandemi ini, diantaranya adalah memberikan fasilitas terbaik pada seluruh peserta lomba yang diselenggarakan secara Zoom, namun berkualitas layaknya digelar secara tatap muka, dan Alhamdulilah semua terlaksana secara maksimal", tandasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh wakil bupati Jember, KH. MB Firjaun Barlaman (Gus Firjaun) yang hadir dalam acara final lomba PTQ ke-51 LPP RRI Jember di Masjid Roudhotul Muchlisin. Menurutnya, kabupaten Jember yang kaya akan pondok pesantren serta santri/wati berkualitas, sudah selayaknya diberikan dukungan penuh agar bisa menjadi generasi pelopor keagamaan serta menggambarkan Jember sebagai kota religius di "mata dunia".

"Saya yakin, dengan melihat jumlah generasi pelopor keagamaan yang cukup banyak ini, nantinya akan bisa bercerita kepada masyarakat dunia bahwa Jember adalah kota religius. Oleh karena itu saya berharap kepada para peserta PTQ tidak cukup pandai membaca Al-Qur'an secara Tekstual saja melainkan juga secara Kontekstual, agar senantiasa bisa mengajarkan budaya-budaya sebagaimana terkandung dalam Al-Qur'an", tutur Gus Firjaun.

Wakil bupati yang akrab dipanggil Gus Firjaun itu juga mengajak masyarakat Jember untuk bersama menepis budaya luar yang dinilai menyimpang dari nilai-nilai ajaran Al-Quran sehingga bisa mencetak generasi bangsa berkualitas dan berkarakter. (dyt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00