Antisipasi Kerawanan Pasca Pemilu TNI Polri Pantau Situasi

KBRN Lumajang : TNI dan Polri di Lumajang Jawa Timur terus melakukan berbagai macam antisipasi kemungkinan buruk yang bisa saja tejadi pasca Pemilu 2019.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH mengatakan, situasi Pemilu kali ini cukup hangat. Salah satunya terlihat di sosial media seperti adanya pembakaran kotak suara, adanya sabotase kotak suara, intimidasi kepada para petugas penyelenggara pemilu 2019, menjadikan alasan Polres Lumajang dan Kodim 0821 melaksanakan patroli bersama untuk menciptakan keamanan yang kondusif di wilayah Kabupaten Lumajang. 

Dalam kegiatan ini Polres Lumajang dan Kodim 0821 Lumajang mengunjungi PPK kota untuk melihat rekapitulasi perhitungan suara pemilu yang masih berlangsung dan selanjutnya melaksanakan patroli ke KPUD untuk menyerap informasi tentang penyelenggaraan pemilu. 

Setelah itu dilanjutkan patroli melintasi 3 kecamatan yaitu Kecamatan Kota, Kecamatan Padang dan Kecamatan Sukodono Lumajang.

"Tadi saya mengunjungi PPK kota untuk memantau pengamanan dan melihat proses rekapitulasi penghitungan suara. Alhamdulilah semua berjalan lancar dan kondusif, dan begitu juga dengan PPK yang lain semua berjalan dengan baik tidak ada konflik. KPUD juga kami kunjungi, adapun informasi yang kami terima, bahwa penyelenggaraan Pemilu 2019 di wilayah Kabupaten Lumajang berjalan dengan lancar dan kondusif bahkan tidak ada satu TPSpun yang melakukan pemungutan suara ulang” ujarnya (24/04/2019)

Sementara itu Dandim 0821 Lumajang Letkol Inf Ahmad Fauzi juga mengatakan pihaknya siap membantu Polri untuk mengamankan situasi wilayah Lumajang pasca pesta demokrasi Pemilu 2019. 

"Kodim 0821 selalu siap membantu Polri untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat lumajang. Hari ini saya terjunkan 1 peleton anggota untuk patroli bersama dengan Polres lumajang, selama perjalanan berjalan aman dan kondusif,” ujarnya

Pada kesempatan terpisah Siti Mudawiyah SE, ketua KPU Kabupaten Lumajang mengatakan sangat berterima kasih kepada patroli gabungan TNI-Polri tersebut yang terus mensuport dari sektor pengamanan. 

"Terima Kasih kepada Bapak Kapolres dan Pak Dandim patroli mengunjungi KPUD dan patroli ke PPK hal ini menjadi penyemangat kami untuk segera menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara. Kami dari komisioner KPUD juga melaksanakan jaga siang dan malam memantau penyelenggaraan rapat pleno di masing masing PPK, sampai saat ini sudah ada 3 PPK yang menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara yang masuk ke KPUD, kemungkinan besar rata rata besok semuanya sudah selesai dan kemungkinan paling lambat hari jumat semua PPK sudah mengirimkan hasil rekapitulasi suara di KPUD Kabupaten Lumajang. Rencananya hari senin dan selasa tanggal 29 dan 30 april 2019  KPUD melaksanakan penghitungan suara di GOR Wira Bhakti,” tutupnya. KA

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00