Sekda Sebut Camat Harus Jeli Terhadap Persoalan

KBRN;Jambi. Sekretaris Daerah (Sekda)  Provinsi Jambi  Sudirman mengemukakan,  Camat harus jeli dalam berbagai persoalan dan perbanyak sharing berbagi pengalaman untuk perbandingan yang akan di hadapi, dan terus tingkatkan kompetensi dan kapasitas diri, karena camat di persiapkan sebagai pemimpin masa depan yang berpengalaman, demikian disampaikannya saat menyampaikan materi Workshop  Peningkatan Kapasitas Camat Provinsi Jambi Tahun 2021, bertempat di Aula Badan Pengembamgan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jambi, Selasa (07/12/2021).

Dalam pemaparannya Sekda menjelaskan,  yang utama dalam diri camat harus mempunyai kapasitas kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas." Sentralnya adalah pada diri Camat harus bisa meningkatkan kapasitas diri, meninba ilmu SDM dan pengalaman di berbagai bidang," ujar Sekda.

" Ouput yang akan dihasilkan para camat adalah produk,  didalam sistem pemerintahan dalam mengambil kebijakan para camat harus memegagng tiga rambu rambu,  misalkan kita mau eksekusi, membuat suatu produk harus mengetahui 1. Kewenangan, kita bertindak itu harus sesuai kewenagan,  apakah itu kewenagan kita apakah kewenagan bupati atau Gubernur, jangan sampai kewenagan Bupati camat yang memutuskan,  apapun masalah jangan sampai salah mengambil kewenagan. 2.  Prosudur, dalam bertindak kita harus tahu prosudur,  misilkan kita mau melaksanakan eksekusi,  sebelumnya kita harus kirimkan surat pemberitahuan terlebih dahulu.  3. Subsansinya, kewenagan prosudur, apakah kewenagan subsansi kita,  masalah administrasinya harus tersusun dengan rapi. " Sambung Sudirman.

Menurutnya, sekecil apapun kebijakan ketika itu menyalahi wewenag, problemnya sudah bisa diranah hukum, " Jadi setiap kebijakan itu harus dilihat dengan jernih,  jangan sampai menjerat diri kita sendiri. Ingatlah jangan terlepas dari rambu rambu tiga pon tersebut" kata Sekda

Salah satu hal terpenting dalam kepemimpinan adalah komunikasi.Koordinasi  Bagaimana seorang pemimpin bisa menjalin komunikasi yang baik dengan bawahannya, karena dengan komunikasi dan Koordimasi yang baik seorang pemimpin dapat memimpin kelompoknya untuk bersama-sama mewujudkan tujuannya.

“Sumber daya yang paling penting bagi organisasi pemerintah adalah aparatur. Aparatur yang memberikan kerjanya, bakatnya, kreativitas, dan semangatnya kepada organisasi, dan memiliki kemauan untuk terus meningkatkan kapasitas diri agar dapat melaksanakan tugas dengan baik,” ungkap Sekda.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar