Uji Kompetensi Guru di Kerinci Tahun 2020 Batal Dilaksanakan

KBRN, Sungai Penuh: Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) di Kabupaten Kerinci tahun 2020 terancam batal dilaksanakan, selain disebabkan oleh adanya wabah pandemi Covid-19 yang melarang aktivitas tatap muka yang bisa menyebabkan kerumunan, juga disebabkan terjadi refocusing atau pemangkasan anggaran guna penanggulangan Covid-19 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Peserta yang mengikuti uji kompetesi guru ini berasal dari kalangan guru PNS maupun Non PNS yang telah memenuhi persyartan, melalui pemanggilan sistim informasi manajemen pengembangan keprofesian dan berkelanjutan, yang dikelola oleh  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ungkap Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci Murison,Jum’at (16/10/2020).

Murison menyebutkan, nantinya guru yang telah mengikuti uji kompetensi, dapat dijadikan acuan pelaksanaan program peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan, yang merupakan salah satu strategi pencapaian dari prioritas pembangunan daerah di bidang pendidikan.

“Kegiatan UKG ini bertujuan sebagai alat kontrol penilaian kinerja para guru, dan guru yang lulus UKG nantinya akan mengikuti pelatihan yang dilaksanakan di Perguruan Tinggi, agar bisa mendapatkan sertifikat pendidik, sehingga bisa mendapatkan tunjangan profesi guru,”tambahnya.

Menurutnya, belum dilaksanakanya uji kompetensi guru ini tidak hanya terjadi di Kabupaten Kerinci saja, melainkan sebagian wilayah di Indonesia, mengingat kegiatan ini ditentukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00