Dampak Covid 19, Ijazah TK Tidak Lagi Menjadi Syarat Mutlak Untuk Masuk SD

Situasi pandemi covid-19 saat ini membuat banyak para orang tua yang memutuskan untuk menunda pendidikan anaknya di bangku Taman Kanak-kanak (TK), hal ini dikarenakan kekhawatiran terhadap penyebaran covid-19.

Dengan situasi demikian tentunya juga membuat khawatir para orang tua ketika akan melanjutkan pendidikan anaknya di bangku Sekolah Dasar (SD), sementara tidak memiliki ijazah TK.

Menanggapi persoalan ini, Kepala Dinas Pendidikan Kota Sungai Penuh, Hadiyandra, mengatakan, dalam persoalan covid-19 yang dihadapi Kota Sungai Penuh yang berada di zona oranye, tidak ada syarat tidak diterimanya anak didik di bangku SD yang tidak memiliki ijazah TK.

"jika usia anak sudah mengharuskan untuk masuk TK, maka kewajiban Sekolah Dasar untuk menerima siswa barunya meskipun tanpa ijazah TK. Situasi yang mengharuskan kita untuk banyak mengerti dan memberi toleransi terhadap pendidikan saat ini," kata Hadiyandra, Senin (31/08/2020).

Demikian pula halnya dengan membaca, menulis dan berhitung (calistung), tambah Hadiyandra, itu juga bukan syarat wajib bagi sekolah untuk menerima dan menolak anak didik yang akan masuk ke Sekolah Dasar.

"membaca, menulis dan berhitung itu tugas guru SD yang mengajarkannya, bukan TK, jadi jangan dijadikan syarat tidak diterimanya murid baru hanya karena tidak bisa calistung. Jika ada yang demikian di SD dalam Kota Sungai Penuh ini, laporkan pada saya," tegas Hadiyandra.

Untuk itu dirinya berharap agar situasi ini bisa normal kembali dan proses pendidikan bisa berjalan dengan normal pula.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00