JNM Pulihkan Ekonomi dan Wisata Jambi

KBRN, Jambi; Mempromosikan Jambi lewat event creatif bersama dengan teman-teman asal Jambi yang kuliah di luar Jambi. Itulah yang dilakukan oleh Jagat Al Fath Nusantara selain aktif juga di Teater Tonggak yang akan tampil 10-11 Juni mendatang. 

Bisnis jual beli komoditi pinang ke pabrik juga dilakoninya. "Pinang Betara di Kabupaten Tanjung Jabung Barat kualitasnya terbaik di dunia, " Ujar Jagat di program acara pengarusutamaan gender programa satu RRI Jambi Rabu (18/5/2022). 

Tidak harus bermodal besar untuk memulai suatu usaha cukup dengan jaringan komunikasi dan kepercayaan dari berbagai pihak. Ideologi kerenisme tetap keren dan cerdas membaca peluang sebagai anak muda itu yang lebih digarisbawahinya. 

"Sejak Maret lalu bersama 7 anak muda Jambi lainnya tergabung dalam Jambi Creatif Organizer kami membuat kegiatan Jambi night market. Awalnya saya dan 17 anak muda satu malam nongkrong main benteng di kawasan Pasar Jambi dan terjaring razia. Saat itu Kota Jambi menerapkan kebijakan PPKM level 3.Dari sanalah muncul ide untuk mengubah kawasan mati di pasar Kota Jambi menjadi kawasan "food street" seperti di Thailand, " Cerita Jagat tentang awal mulanya Jambi Night Market (JNM). 

Bulan Juni mendatang JNM akan kembali di gelar dengan lokasi yang diperluas dari kawasan istana anak-anak hingga ke BNI 46.Harapannya JNM akan menjadi ikon Kota Jambi yang menumbuh kembangkan sekaligus memulihkan ekonomi dan pariwisata. 

Sampah menjadi masalah yang timbul dari kegiatan JNM. Untuk mengantisipasi banyaknya sampah sudah dijalin kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan kedepannya juga akan merangkul bank sampah untuk menangani sekaligus mengolahnya. 

JNM tidak hanya menghadirkan kuliner dari para pelaku UMKM yang terlibat di awal pelaksanaan JNM 60 UMKM tapi juga live music dan games. Ada perputaran uang yang berdampak luar biasa pada pelaku UMKM yang hampir bangkrut akibat pandemi Covid19. Minimal Rp 800 ribu dan maksimal Rp 4,5 juta bisa didapat oleh pelaku UMKM di ajang Jambi Night Market. 

Semua diuntungkan dari penyelenggaraan JNM mulai dari pelaku UMKM, petugas kebersihan, petugas parkir dan tentunya masyarakat Jambi dengan adanya street food yang menjadi pilihan tempat makan sekaligus hiburan akhir pekan di malam hari. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar