Musim Penghujan, Dinas Kesehatan Kerinci Imbau Masyarakat Waspada DBD

KBRN, Sungai Penuh: Selain waspada terhadap penyebaran pandemi Covid-19, masyarakat Kabupaten Kerinci juga dihimbau untuk mewaspadai penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), menyusul mulai masuknya musim penghujan. Kewaspadaan terhadap penyakit DBD ini sangat penting agar tidak memperburuk kondisi ditengah belum terkendalinya Covid-19 di daerah tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci Jumlizar saat dikonfirmasi, Kamis (26/11/2020) menyebutkan, sejak Januari hingga November 2020 tercatat ada 47 kasus DBD yang telah ditangani.

“Dari 47 kasus tersebut tersebar dibeberapa kecamatan dan yang paling tinggi berada di Kecamatan Air Hangat dan Air Hangat Barat atau diwilayah kerja Puskesmas Semurup. kasus DBD ini sebagian besar menyasar pada masyarakat diusia remaja hingga orang orang tua,” jelasnya.

Jumlizar menjelaskan, untuk mengantisipasi penyakit DBD ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci rutin melakukan penaburan bubuk abate kesetiap rumah tangga, serta melakukan fogging pada daerah yang telah memiliki kasus dengan radius 100 meter.

“Kita juga melakukan koordinasi kepada pihak desa untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan. Meskipun penyakit DBD ini terjadi karena pengaruh cuaca dan akan terjadi peningkatan pasca musim penghujan, namun dengan menjaga kebersihan lingkungan, diyakini dapat menekan kasus DBD di Kabupaten Kerinci,” tambahnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00