Dinkes Kerinci Sayangkan Warga, Tidak Mau Diambil Spesimennya Untuk Uji Swab

KBRN, Sungai Penuh: Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Tim Gugus Tugas Kabupaten Kerinci melalui Dinas Kesehatan terus melakukan penelusuran terhadap warga yang memiliki kontak erat dengan pasien positif Covid-19, namun setelah dilakukan penelusuran dan dilakukan rapid test, banyak warga yang menolak diambil spesimen nya untuk mengikuti uji swab.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci Hermendizal saat dikonfirmasi, Senin (26/10/2020) sangat menyayangkan hal tersebut, kerena menurutnya jika setelah diambil spesimen nya yang bersangkutan dinyatakan positif, maka akan ditindak lanjuti dengan perawatan diruang isolasi dengan pemberian obat dan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Pasien tidak akan dipungut biaya sama sekali, bahkan akan diberikan pelayanan yang berbeda dengan pasien penyakit lainnya, karena sebagian besar pasien positif Covid-19 yang berada diruang isolasi merupakan Kasus konfirmasi Tanpa Gejala (Asimptomatik),” ujarnya.

Sementara itu, untuk mempermudah dalam pengambilan spesimen warga, Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci meminta kepada pihak kecamatan, pihak desa bahkan aparat kepolisian untuk ikut membantu mengkondisikan warga yang akan diambil spesimennya.

“Kami minta warga yang bersangkutan juga kooperatif dan tidak perlu khawatir, karena hal ini merupakan upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kerinci,” tambahnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00