Ditengah Pandemi Covid-19, Kasus DBD Di Kota Sungai Penuh Meningkat

KBRN, Sungai Penuh: Di tengah situasi pandemi Covid-19, kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Sungai Penuh mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang disampaiakan oleh Dinas Kesehatan Kota Sungai Penuh, terhitung sejak Januari hingga awal Oktober 2020 tercatat ada 62 kasus DBD.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Sungai Penuh Hatmizar mengatakan, untuk tahun 2020 ini terjadi peningkatan kasus DBD yang cukup signifikan jika dibandingkan pada tahun sebelelumnya. Dimana untuk jumlah kasus DBD tertinggi berada di Tiga Puskesmas yakni Puskesmas Sungai Bungkal sebanyak 17 kasus, Puskesmas Tanah Kampung sebanyak 14 kasus dan Puskesmas Hamparan Rawang sebanyak 12 kasus.

“Faktor terjadinya peningkatan kasus DBD ini, dikarenakan tahun ini Kota Sungai Penuh lebih dominan terjadi musim hujan, disamping itu juga karena kebersihan lingkungan yang kurang terjaga,”ungkap Hatmizar, Senin (19/10/2020).

Sementara itu, saat disinggung terkait upaya yang dilakuan untuk menekan angka kasus DBD, Hatmizar menyebutkan, selain rutin memberikan himbauan kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, pihaknya juga akan melakukan fogging disekitar lingkungan yang terkena kasus DBD tersebut.

Semua puskesmas juga rutin melakukan pemeriksaan jentik nyamuk disetiap rumah warga yang dijadwalkan 3 bulan sekali,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00