Usai Bimtek di Jambi Seluruh Kades Akan di Rapid Test, Aktivis Minta di Uji Swab Juga

KBRN, Sungai Penuh: Kepala Desa (Kades) Se-Kabupaten Kerinci yang telah melaksanakan Bimbingan Teknis di Jambi, sampai di Kabupaten Kerinci akan dirapid tes oleh Tim Gugus Tugas Kabupaten Kerinci, karena kasus Covid-19 di Kota Jambi kian meningkat, termasuk Kabupaten Kerinci.

Oleh sebab itu, para Kades bersama Operator Desa sepulang dari Jambi akan mengikuti rapid test untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kerinci.

“Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 agar tidak meningkat di Kabupaten Kerinci maka peserta Bimtek tersebut akan kita rapid test, kami akan koordinasi dengan Dinas PMD Kabupaten Kerinci,” ujar Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kerinci, Hermendizal kepada rri.co.id.

Hermendizal menambhakan, rombongan yang selesai Bimtek akan dilakukan rapid test untuk meyakinkan mereka tidak terpapar Covid-19. “Yang mengkondisikan itu adalah Pemdes dan kami dari OPD teknis akan datang melakukan rapid test,” ungkapnya.

Sementara itu, Juru Bicara Penanganan, Pencegahan Covid-19 Kabupaten Kerinci, Darifus mengatakan, bahwa acara Bimtek Kades di Jambi Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kerinci, tidak ada izin penyelenggara di Kabupaten Kerinci dan karena acaranya di Jambi, maka Tim Gugus Tugas Kota Jambi yang memberi izin.

Darifus mengatakan, dikarenakan di Kota Jambi masuk pada zona oranye maka Kepala Desa yang selesai Bimtek diminta untuk isolasi mandiri dulu di rumah sampai proses rapid test selesai dilaksanakan.

“Kita minta Kades dan Operator Desa bisa melaksanakan isolasi mandiri dulu sampai rapid test dilaksanakan, agar lebih mudah kita mengendalikan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kerinci, mereka akan di rapid test oleh petugas kesehatan,” katanya.

Berbeda dengan Darifus, sejumlah Aktivis Kerinci juga menyuarakan agar Kades yang mengikuti bimtek tidak cukup hanya di rapid test, tapi harus dilakukan uji swab.

“Kota Jambi sudah memasuki kawasan yang berbahaya, jadi harus dilakukan uji swab biar jelas,” ungkap Harmo Karimi.

Hal senada juga diungkapkan Nadi Gusnadi Aktivis GNPK. Menurutnya saat ini masyarakat sudah merasa resah dengan banyaknya klaster-klaster yang terus bertambah terjangkit Covid-19, untuk itu dirinya minta Tim Gugus Tugas langsung melakukan uji swab untuk yang mengikuti Bimtek di Jambi.

“Harus segera kita antisipasi, jangan sampai ada klaster Kades yang dapat menyebar di Kabupaten Kerinci,” ungkap Nadi.

Kem Devid, Kabid Keuangan Dan Asset Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Kerinci menyatakan, Kepala Desa siap mengikuti arahan dari Tim Gugus Tugas Kabupaten Kerinci. “Kita akan patuhi,” katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00