Dinkes Sungai Penuh Sosialisasikan Forum Desa/Kelurahan Siaga Aktif

KBRN, Sungai Penuh : Dinas Kesehatan Kota Sungai Penuh lakukan Sosialisasi Forum Desa/Kelurahan Siaga Aktif tingkat desa Kota Sungai Penuh tahun 2022.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Debi Zartika menjelaskan, Sosialisasi Desa Siaga Aktif di Desa ini untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dalam menangani berbagai persoalan di desa, salah satunya masalah kesehatan.

"Dengan Desa Siaga Aktif, masyarakat mudah mendapatkan pelayanan kesehatan dasar. Peduli, tanggap dan mampu mengenali, mencegah dan mengatasi masalah kesehatan yang dihadapi secara mandiri, sehingga derajat kesehatannya meningkat," kata Debi Zartika kepada rri.co.id, Kamis (07/07/2022).

Untuk itu, Debi mengharapkan masyarakat, khususnya di Desa dan Kelurahan agar bisa mendukung program Desa Siaga Aktif yang juga memberikan manfaat bagi masyarakat setempat nantinya.

"Maka sekarang mulai dilaksanakan Sosialisasi Desa Siaga Aktif untuk meningkatkan peran aktif masyarakat tentang kegiatan Desa Siaga Aktif kedepan," harapnya.

Ditambahkan Debi Zartika aparat Desa, dan Kader Posyandu dapat berperan aktif untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Seperti diketahui, Desa Siaga Aktif secara khusus bertujuan diantaranya untuk mengembangan kebijakan pengembangan Desa dan Kelurahan Siaga Aktif di Pemerintahan Desa atau Kelurahan.

Meningkatkan komitmen dan kerjasama semua perangkat Desa atau Kelurahan dan organisasi kemasyarakatan untuk pengembangan Desa dan Kelurahan Siaga Aktif. Meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dasar di desa atau kelurahan.

Mengembangkan UKBM dan melaksanaan survailans berbasis masyarakat (meliputi pemantauan penyakit, kesehatan ibu, dan anak, lingkungan, dan perilaku), penanggulangan bencana dan kedaruratan kesehatan, serta penyehatan lingkungan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar