8 Makanan Yang Dapat Mempercepat Penyembuhan Flu

KBRN, Jambi : Siapa yang sering di saat mengalami flu langsung menenggak obat warung dan berharap penyakit yang fokus menyerang hidung dan tenggorokan bisa mereda seketika?

Sebenarnya itu tidak salah, namun ada sejumlah nutrisi yang bisa dijadikan sumber kekuatan melawan kuman dan virus biang penyakit flu.

Ada beberapa asupan potensial yang bisa melawan flu ini biasanya mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral tertentu yang dapat memperkuat daya tahan tubuh.

Sebaiknya kenali beberapa makanan yang sebaiknya dihindari dan ganti dengan makanan yang dapat mempercepat penyembuhan flu kamu:

1. Kuah Kaldu.Segala jenis kaldu, makanan kuah hangat yang menggunakan olahan kaldu sapi atau ayam, termasuk sup ayam, sangat baik dikonsumsi saat sedang flu. Healthline menyebut, makanan ini nggak cuma dapat menambah asupan cairan yang penting untuk menghidrasi tubuh saat flu, namun makanan kuah hangat ini juga bisa meredakan sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

2. Buah buah tinggi vitamin C.Vitamin C adalah nutrisi penting untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, termasuk ketika sakit flu. Beberapa sumber alami vitamin C banyak terdapat dalam buah-buahan seperti stroberi, tomat, jeruk, anggur, dan blueberry.

3. Sayuran hijau.Segala jenis sayuran yang berwarna hijau seperti brokoli, bayam, sawi, kangkung banyak mengandung vitamin C, E, dan antioksidan. Kandungan nutrisi ini penting untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan flu.

4. Buah kaya air.Dilansir dari Cleveland Clinic, untuk melawan flu, tubuh juga butuh banyak cairan. Anda bisa minum banyak air putih, wedang hangat, atau makan buah-buahan yang banyak mengandung air. Beberapa alternatifnya yakni air kelapa, semangka, blewah, melon, pepaya, atau jeruk yang segar sekaligus bernutrisi.

5. Bawang putih.Studi menunjukkan, makan bawang putih mentah juga bisa membantu meningkatkan kekebalan, termasuk untuk menangkal flu. Jika kamu tidak tahan dengan rasanya yang tajam dan pedas, kamu bisa makan makanan yang dibumbui banyak bawang putih, atau campurkan bawang putih yang sudah digeprek ke dalam minuman hangat plus madu.

6. Rempah Rempah.Jahe, kunyit, atau merica bisa membantu menghangatkan tubuh saat terkena flu. Selain itu, rempah-rempah ini juga berkhasiat sebagai penguat daya tahan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi rempah-rempah sebagai wedang, atau bumbu utama masakan yang dimakansehari-hari.

7. Yogurt.Yogurt termasuk probiotik alami yang selama ini dikenal baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Ternyata, makanan ini bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan meredakan sakit tenggorokan.

8. Oatmeal.Oatmeal adalah salah satu makanan penangkal flu yang tidak banyak diketahui. Padahal, makanan ini mengandung banyak vitamin E dan antioksidan polifenol serta serat beta-glukan yang bisa memperkuat daya tahan tubuh.Untuk makanan yang harus dipantang sebentar saat flu adalah segala jenis makanan renyah seperti kerupuk, keripik, atau snack micin yang bisa memparah batuk dan sakit tenggorokan. Juga hindari makanan olahan, junk food atau makanan instan. Selain tidak baik dikonsumsi sehari-hari, termasuk saat flu. Jenis makanan seperti ini minim nutrisi tapi tinggi kalori.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar