Sosialisasikan PMK, Mulai Besok,Tim Gugus Tugas Pengendalian PMK Akan Turun Ke 11 Kabupaten Kota

KBRN,Jambi: Sekretaris Daerah (Sekda) sekaligus Ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku Provinsi Jambi Sudirman mengatakan PMK adalah Penyakit yang disebabkan oleh virus yang bersifat akut dan sangat menular pada hewan berkuku genap/belah. 

Disampaikan Sekda, Penyakit ini tanda tandanya adalah pembentukan vesikel/lepuh dan erosi pada mulut, lidah, gusi, nostril, puting, dan kulit sekitar kuku tetapi tidak dapat menular ke manusia namun mengakibatkan dampak kerugian bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.

"Akibat PMK ini, peternak mengalami kerugian ekonomi karena penurunan bobot badan pada ternak dan estetika sehingga nilai jual ternak menurun dan masyarakat umum mengalami kesulitan mendapatkan ternak yang sehat untuk kebutuhan kurban pada saat ini," kata Sekda.

Untuk mengantisipasi keresahan di masyarakat dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 H mulai tanggal 28 Juni sampai tanggal 11 Juli 2022 akan dilaksanakan Sosialisasi/Komunikasi Informasi dan Edukasi Pemotongan Qurban serta Pemantau dan Pengawasan Pelaksanaan Qurban pada masa terjadinya penyakit PMK di 11 Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar