Pemprov Jambi Perketat Lalu Lintas Ternak Cegah PMK

KBRN, Jambi : Guna mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) jelang hari raya Idul Adha tahun ini, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan memperketat lalu lintas hewan ternak.

"Kita sudah kirim surat edaran ke kabupaten dan kota untuk memperketat lalu lintas hewan ternak," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) DTPH Provinsi Jambi Drh. M Nasir, Selasa (24/5/2022).

Menurutnya, sejumlah pasar ternak, pedagang dalam wilayah Provinsi Jambi menjadi sasaran pengawasan. Pasar Ternak Muara Bulian, Kabupaten Batanghari, salah satunya.

"Kita sudah melaksanakan rapat koordinasi bersama seluruh petugas kesehatan hewan di tingkat kecamatan dalam Provinsi Jambi untuk memperkatat lalu lintas hewan ternak, terutama hewan ternak yang rentan seperti Sapi, Kerbau, Domba dan Kambing," kata M Nasir. 

Terkait hewan ternak di Kecamatan Bahar, Kabupaten Muaro Jambi yang terindikasi PMK, masih belum dapat dipastikan karena Balai Veteriner Bukit Tinggi melakukan pemeriksaan kesehatan hewan dan mengambil sampel hewan ternak dan berharap bukan PMK.

"Kita masih menunggu hasil laboratorium dari Balai Veteriner Bukit Tinggi," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar