BIAN 2022, Pemprov Jambi Targetkan 710.754 Anak

KBRN,Jambi: Pemerintah Provinsi Jambi menargetkan 710.754 orang anak-anak di daerah itu mendapatkan imunisasi dasar lengkap pada Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022.

"Ada 710 ribu anak di Jambi yang menjadi sasaran imunisasi dasar lengkap pada BIAN tahun ini," kata Gubernur Jambi Al Haris, Rabu (18/5/2022).

Al Haris menjelaskan gerakan BIAN tersebut merupakan gerakan moral dan kewajiban pemerintah untuk menjaga anak-anak tetap sehat. 

" anak-anak merupakan aset bangsa yang harus di jaga kesehatannya, dengan kesehatan yang terjaga maka akan terwujud SDM bangsa yang baik pula untuk melanjutkan pembangunan di masa mendatang," pungkasnya.

Gubernur Jambi meminta seluruh pihak terkait dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, mulai dari Posyandu, Puskesmas hingga Rumah Sakit Daerah dapat melaksanakan imunisasi untuk anak-anak di daerah nya.

"Tentu kita minta peran dari ibu dan anggota PKK di daerah dapat bersinergi mensukseskan BIAN yang dilaksanakan secara serentak selama satu bulan dari bulan Mei ini," pungkas Al Haris.

Dalam pencanangan BIAN tersebut Kementerian Kesehatan menambah tiga imunisasi dasar, dari 11 imunisasi dasar lengkap menjadi 14 imunisasi dasar lengkap. Adapun tiga imunisasi dasar yang di tambahkan tersebut diantaranya imunisasi Rotavirus untuk anti diare, imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) untuk anti Penumonia dan imunisasi HPV untuk anti kanker serviks. 

"Dengan dilaksanakannya BIAN diharapkan dapat mencegah terjadinya kejadian luar biasa seperti yang saat ini tengah merebak yakni pertusis dan difteri," kata Al Haris.

Dalam kesempatan ini, Rabu (18/5/2022),  Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin secara resmi mencanangkan BIAN tahun 2022 di Provinsi Kepulauan Riau yang di ikuti secara virtual oleh Gubernur Jambi, Gubernur Sulawesi Selatan, Gorontalo dan Gubernur Nusa Tenggara Timur. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar