Waspadai Hepatitis Akut, Dinkes Instruksikan Puskesmas Lakukan Screening

KBRN, Sungai Penuh: Munculnya kasus hepatitis akut pada anak dibeberapa daerah, membuat Pemerintah Kota Sungai Penuh mengambil langkah antisipasi untuk mewaspadai penyebaran penyakit tersebut, diantaranya setiap puskesmas diminta untuk melakukan screening terhadap pasien.

Sekertaris Dinas Kesehatan Kota Sungai Penuh Azwarman mengatakan, meski di Kota Sungai Penuh belum ditemukan adanya kasus hepatitis akut, namun langkah antisipasi harus tetap dilaksnakan. 

"Karena belum ada Petunjuk Teknis (Juknis) yang diberikan secara khusus untuk penanganan kasus hepatitis akut, maka kami akan melakukan penanganan kesehatan sesuai dengan gejala yang dialami oleh pasien," jelas Azwarman kepada rri.co.id, Senin (16/05/2022).

Untuk mengantisipasi penularan hepatitis ini, Dinas Kesehatan menghimbau agar warga tetap melaksanakan protokol kesehatan terutama mencuci tangan, mengingat literatur penularan hepatitis akut melalui makanan.

"Pada umumnya gejala hepatitis akut yang dirasakan oleh pasien diantaranya nyeri perut, kuning pada kulit dan mata, nyeri sendi, mual dan muntah. Jadi orang tua yang memiliki anak usia dibawah 11 tahun kebawah harus mewaspadai penyebaran penyakit hepatitis akut dengan menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat," imbaunya.

Sementara itu, meski anak-anak yang banyak diserang oleh penyakit hepatitis, namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga dapat terkena wabah penyakit tersebut jika tidak menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar