Kecelakaan Kendaraan Angkutan Truk Batubara, Tiga Orang Tewas Dalam Sehari

KBRN,Jambi : Jumlah angka kecelakaan lalu lintas yang disebabkan truk angkutan batu bara, masih terus terjadi di wilayah provinsi Jambi, bahkan dalam sehari, tiga orang meninggal dunia akibat kejadian itu. Peristiwa ini terjadi pada Minggu (3/7/2022) kemarin.

Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol Mulia Prianto, melalui Kasubbid Penmas Bid Humas, Kompol Mas Edy mengatakan, kejadian ini diketahui, setelah polisi menerima laporan warga melalui Nomor Bantuan Polisi via WhatsApp 0853 60 555 222. Dari situ, personel langsung menuju 2 lokasi kecelakaan tersebut.

“Anggota langsung terjun ke lokasi kejadian,” kata Mas Edy, Senin (4/7/2033). 

Menurutnya, truk batu bara jadi penyebab kecelakaan ini, sebelumnya terjadi Sarolangun. Korban 5 orang luka di kendaraan Avanza yang menabrak truk batu bara dari belakang. 

"Kasus kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas melibatkan kendaraan truk batubara, akan dilaporkan ke ESDM RI untuk sebagai bahan evaluasi untuk perusahaan batubara," jelas Mas Edy.

Untuk diketahui, Peristiwa pertama terjadi sekitar pukul 00.40. Lokasinya di Jalan Lintas Jambi - Muara Bulian RT 12, Kelurahan Jembatan Mas, Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batanghari.

Dalam kejadian ini, seorang pengemudi truk batu bara yaitu TU (61) meninggal dunia. Informasi yang didapat, truk Hino Dutro BH 8627 BU yang dikendarai TU, melaju dari arah Muara Bulian menuju Jambi. Di lokasi kejadian, dia langsung parkir di badan jalan untuk mengecek kondisi kendaraan. Saat itu, truk Mitsubishi Canter BH 8201 DU yang juga mengangkut batu bara, dikendarai ES (31) berada di belakangnya. Korban sempat dibawa ke Puskesmas Jembatan Mas, tapi tak bisa diselamatkan lagi. 

Peristiwa kedua, masih di wilayah Kabupaten Batanghari. Kali ini, seorang pengendara sepeda motor berinisial AA(16) tewas, setelah menabrak truk batu bara BH 8705 MK. Korban menabrak truk dari belakang.

Kejadian selanjutnya, terjadi pukul 02.30, di Jalan Jambi - Muara Bulian RT 05 Desa Muaro Pijoan Kecamatan Jaluko, Kabupaten Muaro Jambi. 

Ceritanya, sepeda motor Honda Revo BH 3312 MF yang dikendarai korban, melaju dari arah Muara Bulian menuju arah Jambi. Tiba-tiba dari arah belakang truk Mitsubishi Canter BH 8808 NU menabrak bagian samping sepeda motor. Melihat kejadian itu, sopir truk langsung kabur.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar