23 Narapidana di Jambi Mendapat Remisi Khusus Hari Raya Waisak

Aris Munandar, Kadivpas Kanwil Kemenkumham Jambi

KBRN, Jambi : 23 narapidana yang menjadi warga binaan di sejumlah Lapas dan Rutan di provinsi Jambi mendapatkan Remisi Khusus Waisak tahun 2022 pada hari ini. Dijelaskan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jambi, Aris Munandar n, remisi yang diberikan kepada para warga binaan tersebut berkisar antara 15 hari hingga dua bulan.  Para warga binaan tersebut mendapatkan Remisi Khusus I atau RK I yaitu pengurangan sebagian masa hukuman dan belum bebas, serta tidak ada warga binaan yang mendapatkan RK II atau langsung bebas setelah mendapatkan remisi.

Aris Munandar menjelaskan,para penerima remisi khusus Hari Raya Waisak tersebut sebelumnya telah diusulkan ke pusat dan telah memenuhi persyaratan untuk mendapatkan remisi khusus hari raya yang syaratnya sama dengan remisi khusus hari raya Idul Fitri, kecuali untuk syarat agama saja yang berbeda. Syarat yang ahrus dipenuhi antara lain berkelakuan baiks elama menjalani pembinaan di Lapas maupun rutan.

“ Syaratnya sama dengan remisi Hari Raya Idul Fitri. Hanya agamanya saja yang beda. Kalau Idul Fitri untuk warga binaan beragama Islam, kalau Waisak beragama Budha,” ujar Aris Muanndar, Kadiv pemasyarakatan Kanwil kemenkumham Jambi, Senin (16/5/2022).

Sementara itu, hingga hari ini jumlah narapidana mupun tahahanan yang ada di provinsi Jambi jumlahnya mencapai 4.829 orang, terdiri dari 4.136 narapidana dan 693 orang tahanan. Dari jumlah tersebut, jumlah narapidana dan narapidana anak yang beragam,a Budha sebanyak 29 orang dan yang diusulkan serta mendapatkan remisi Waisak ada  23 orang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar