Imbas Kuota Berkurang, Daftar Tunggu Keberangakatn CJH Sungai Penuh Capai 50 Tahun

KBRN, Sungai Penuh : Pemangkasan kuota jemaah haji Indonesia tahun 2022 sebesar 50 persen membuat daftar tunggu haji menjadi lebih panjang. 

Berdasarkan data yang tersaji dalam aplikasi haji pintar, daftar tunggu keberangkatan calon jemaah haji Kota Sungai Penuh mencapai 50 tahun.

Kasi Haji dan Umroh Kementrian Agama Kota Sungai Penuh Zainuddin menjelaskan, mundurnya estimasi keberangkatan calon jemaah haji ini disebabkan bilangan pembagian daftar tunggu keberangkatan berdasarkan kuota pada tahun 2022 atau tahun berjalan.

"Ini kan berdasarkan estimasi kuota tahun ini, kalau kuota haji untuk Indonesia sudah kembali normal seperti sebelum ada pandemi Covid-19, maka daftar tunggu keberangkatan haji di Kota Sungai Penuh hanya berkisar 29 tahun," jelasnya, Selasa (28/06/2022).

Zainuddin menyebutkan, sejauh ini masyarakat yang sudah mendaftarkan diri menjadi calon jemaah haji di Kota Sungai Penuh sebanyak 2.875 orang.

"Alhamdulillah sebagian besar diantaranya adalah mereka  yang masih berusia muda dan masih menjalani pendidikan jenjang SMP," tambahnya.

Sementara itu, dengan munculnya angka daftar tunggu yang mencapai 50 tahun, masyarakat perlu diberi penjelasan tambahan, bahwa daftar tunggu tersebut berubah karena sistem dan itu hanya berlaku tahun ini mengikuti jumlah kuota yang ditetapkan Arab Saudi tahun 2022.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar