Pertamina EP Jambi Field Rambah Pelatihan Batik Cap dan Pewarnaan di Danau Sipin

KBRN Jambi : Melanjutkan pelatihan batik tulis dan teknik pewarnaan alami dengan motif dan bahan baku khas Jambi di Kawasan Danau Sipin, Pertamina EP Asset 1 Jambi Field menggelar pelatihan pembuatan batik khas Jambi di lokasi yang sama, Senin (25/3/2019).

Asset 1 Legal & Relation Manager Rizal Rukhaidan menyampaikan bahwa pembinaan membatik ini, merupakan bagian dari ikhtiar bersama antara perusahaan dalam hal ini Pertaminan EP Asset 1 dan pemerintah dalam rangka mengurangi peredaraan Narkoba di kawasan yang akrab dimasyarakat sebagai sarang Narkoba.

Menurutnya perhatian Walikota Jambi beserta jajaran Pemerintah Kota Jambi  atas pembuatan Rumah Batik untuk produksi dan pemasaran di Kawasan Danau Sipin sangatlah besar, untuk itu ia berharap dengan hadirnya ketua Dekranasda Kota Jambi dapat memberikan masukan yang membangun bagi kelompok pengerajin batik jajaran di Legok, Danau Sipin.

"Pelatihan batik cap diperlukan sebagai diversifikasi produk yang dihasilkan oleh kelompok pembatik yang ada di Danau Sipin, sehingga produk yang dihasilkan dapat beraneka ragam dan bersaing"ujar Rizal.

Sementara itu Ketua Dekranasda Kota Jambi, Hj. Yuliana Fasha mengapreasiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Pertamina EP ini guna memberdayakan masyarakat di Kawasan Danau Sipin. ia berharap anggota kelompok dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan dapat langsung mengimplementasikan dalam pelestarian batik motif khas Jambi.

"Dalam pembuatan motif yang penting adalah filosofinya, karena setiap motif memiliki historynya masing-masing" katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00