Mengenal Peternakan Kelinci Silvie Rabbitry

KBRN,Jambi : Beternak kelinci adalah salah satu pilihan usaha yang cukup menjanjikan. Untuk itu, sebagian orang banyak yang mencari informasi dan bertanya-tanya tentang bagaimana cara ternak kelinci dengan baik.

Kelinci memiliki beberapa keunggulan tertentu, sehingga prospek untuk dikembangbiakanpun sangat tinggi. Hewan ini memiliki kemampuan beradaptasi yang sangat baik serta tingkat permintaannya yang sangat tinggi.

Di kota Jambi banyak peternak kelinci yang sudah cukup lama menekuni usaha peternakan  kelinci ini. Sudarmanto salah satunya, pemilik peternakan kelinci “Silvie Rabbitry” yang sudah lebih dua belas tahun beternak kelinci.

Ketika ditemui rri.co.id di kandang peternakannya di kawasan Kota Baru Jambi, pria yang biasa disapa pak De ini menjelaskan, memelihara kelinci termasuk gampang gampang susah, apalagi bagi pemula yang ingin memulai usaha peternakan kelinci. Butuh kesabaran dan keuletan serta tidak mudah putus asa, karena banyak ditemui peternak pemula gagal dan gulung tikar akibat kelinci yang dipeliharanya sakita atau bahkan mati karena penanganan yang kurang tepat.

Saat ini Silvie Rabbitry memiliki lebih dari 150 hole kandang dengan berbagai jenis kelinci yang dipelihara, hampir semua jenis kelinci ada di kandang sederhana miliknya, mulai dari jenis kelinci lokal, jenis kelinci hias seperti rex, fuzzy loop, holand loop, ducth, angora, netherland dwarf dan kelinci pedaging jenis new zeland white serta hycole.

Pak de Sudarmanto menjelaskan hobi dan kecintaannya pada kelinci membuatnya tetap semangat menjadikan peternakan kelinci sebagai sumber penghasilan sampingan yang cukup menjanjikan.

“Di kota Jambi ini mulai banyak peternak kelinci, semoga dengan kekompakan sesama peternak kelinci di Jambi ini akan semakin memajukan dunia perkelincian di Propinsi Jambi pada umumnya” imbuhnya.

Selanjutnya ia juga berharap agar pemerintah melalui dinas peternakan mulai melihat dan mendukung peternakan kelinci agar dapat meningkatkan kesejahteraan para peternak kelinci di Jambi kedepan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar